Untuk Kepentingan Umum

Ribuan Peserta Budaya Meriahkan Festival Budaya Nusantara 2

Ribuan peserta budaya yang berasal dari berbagai daerah memeriahkan Festival Budaya Nusantara 2 di Kota Tangerang. Kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) itu menarik perhatian masyarakat umum.

Acara dibuka Walikota Tangerang Arief R.Wismansyah di Lapangan Ahmad Yani. Selanjutnya peserta kirab budaya menyusuri Jalan Dewi Sartika, Jalan TMP Taruna, dan berakhir  di Jalan Satria Sudirman atau di depan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Dalam pawai tersebut dimulai jajaran OPD,  Badan dan Kantor. Kemudian dilanjutkan peserta dari luar daerah seperti Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Kemiri, Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang.

Arief dalam sambutannya mengajak peserta pawai sejenak mengheningkan cipta dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November. Karena tanpa jasa pahlawan tidak dapat merasakan keindahan dan keanekaragaman dari berbagai budaya di Indonesia.

“Kita doakan pahlawan, budayawan, seniman, dan guru-guru yang sudah pergi mendahului kita yang sudah melestarikan budaya sejak jaman penjajahan dulu. Dengan mengorbankan jiwa raga, keringat, dan darah,” ujarnya dihadapan ribuan peserta pawai.

Tak lupa Arief juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebhinekaan dan kebudayaan Kota Tangerang yang menjadi miniatur dan pintu gerbangnya Indonesia.

“Ini tugas kita bersama, mari kita jaga perbedaan yang ada di kota ini sebagai rahmat ditengah-tengah kota yang Akhlakul Karimah,” tambahnya.

Dalam festival budaya nusantara 2 itu di antaranya yang menjadi perhatian masyarakat penampilan peserta Cilegon Ethnic Carnaval.

“Kehadiran mereka menunjukkan keberagaman budaya di Kota Tangerang, mulai dari etnis Tionghoa, hingga berbagai komunitas budaya lokal. Ini menunjukkan bahwa walaupun beragam namun Tangerang tetap kondusif dan aman,” terang Arief.

Arief juga menyatakan kebanggaannya pada pagelaran Festival Budaya Nusantara dan berharap di tengah era kaum milenial budaya tetap dilestarikan.

“Kita Tangerang, kita Indonesia dan kita bangga berbudaya Indonesia, kita harus kobarkan semangat untuk melestarikan budaya terlebih pada generasi millenial yang terkadang lebih menyukai budaya luar,” ujarnya.

Kepala Dinas Budpar Kota Tangerang Raden Rina Herninaningsih mengatakan, kegiatan Festival Budaya Nusantara tahun ini peserta lebih banyak. Sebelumnya 13 daerah kini 19 daerah. “Saya harap Kota Tangerang lebih dikenal lagi oleh masyarakat luar,” katanya.

Masyarakat luar juga akan mengetahui bahwa di Kota Tangerang ini banyak tempat wisata. Selain itu keragaman budayanya.

Diketahui festival budaya nusantara 2 digelar sampai tanggal 15 November 2018. Menampilkan Tari Kolosal, Wayang Golek, Gambang Kromong, Barongsai dan Liong. Wayang Orang Brata Yudha, Lenong Betawi, Calung, dan Light Dance. (adv)

Berita Lainnya