Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Kuliner Sambal Mangga, Unggulan Kampung Tematik Poris Plawad

Berkah musim Mangga mengalir kemana-mana. Seperti munculnya pedagang dadakan buah tersebut sampai bahannya dimanfaatkan jadi kuliner.


Inilah yang dilakukan kaum ibu di Komplek Puri Dewata Indah, RW 01, Kelurahan Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang Banten, dengan membuat Sambal Mangga.


Banyak faktor munculnya kuliner Sambal Mangga di wilayah itu. Namun itu diawali dorongan pihak kelurahan setempat. Lantas Ibu-ibu yang juga aktif di posyandu itu menemukan ide membuat makanan khas. “Karena di lingkungan kami banyak pohon Mangga maka kami buat sambel dari buah mangga,” kata Yeti Herawati, kemarin.


Menurutnya, sambal Mangga ini belum populer. Mungkin belum ada yang membuat. Banyaknya pohon Mangga di sepanjang jalan perumahan jadi menginspirasi kaum ibu di sini.


Sementara, Darti Suci mengatakan, pembuatan sambal Mangga ini dilakukan secara swadaya ibu-ibu. Kini kuliner ini disetujui kelurahan menjadi kuliner khas Kampung Tematik.”Kita harus memproduksi banyak karena kini banyak pesanan juga,” katanya.


Ia menceritakan, pembuatan sambal Mangga itu bahan-bahannya dari buah mangga muda, udang kecil, gula, dan garam. Kemudian dimasak dengan bumbu lainnya hingga matang. Supaya menarik maka dikemas dalam toples kecil.


Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Poris Plawad Santi Sari Targana mengatakan, kelurahan terus mendorong kuliner ini supaya lebih dikenal. Sebab itu bakal menggandeng Dinas Indagkop dan Dinas Budpar. “Supaya menjadi oleh-oleh khas Kota Tangerang,” katanya.


Terpisah, Sekertaris Kelurahan Poris Plawad Tonny menambahkan, adanya produksi Sambal Mangga menjadi kegiatan positif warga dan kegiatan ekonomi baru.(Setia)

Berita Lainnya