Untuk Kepentingan Umum

Warga Tangerang Bisa Baca Buku Online, Ini Caranya

20
Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Khairul Asep Nusa Permana

Kini, pecinta buku di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya dapat menikmati layanan baru dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tangerang. Layanan tersebut adalah digital library yang resmi diluncurkan Kamis (13/12/2018).

Digital Library ini mempermudah masyarakat untuk bisa mengakses dan meminjam buku bacaan dengan aplikasi perpustakaan digital ‘iTangKab.

Menurut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Khairul Asep Nusa Permana, peluncuran program digital ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat terlebih di era digital seperti saat ini. Juga untuk memancing minta baca generasi milenial yang akrab dengan dunia digital. Sehingga pihaknya merasa perlu melakukan terobosan untuk mempermudah mengakses buku-buku di perpustakaan Pemkab Tangerang.

“Mengikuti perkembangan teknologi, mengikuti perkembangan jaman, dengan iTangkab melalui digital library ini memudahkan kita untuk mengases kebutuhan masyarakat secara cepat, karena di era milenial harus ada akses terbaru untuk membaca dengan teknologi,” ujar Asep

Ia menjelaskan, dengan aplikasi ini, seluruh masyarakat dapat mengakses perpustakaan tanpa harus masuk ke perpustakaan. Hal ini pun dinilai Asep menjadi langkah alternatif, karena lebih cepat dan mudah.

“Meringankan masyarakat, salah satunya dalam transportasi, tenaga dan mobilisasinya. Sehingga seperti bisa membaca buku dimana saja, kapan saja, dan tanpa harus datang ke perpustakaannya langsung,” jelasnya.

Selain itu semua orang bisa mengakses buku-buku melalui ponsel pintar melalui aplikasi iTangKab tersebut.

“Pendafatarannya cukup dengan alat komunikasi, daftar diri melalu via email, lalu masyarakat langsung bisa mengakses buku yang diinginkan atau dibutuhkan,” imbuhnya.

Lanjut Asep, agar masyarakat mengetahui keberadaan aplikasi tersebut, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah hingga ke pihak desa di Kabupaten Tangerang.

“Nanti akan ada sosialiasi ke masyarakat, dan juga sekolah terkait perpustkaan digital,” tukasnya.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...