Untuk Kepentingan Umum

Survei MSI di Banten, Pasangan Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandi

3
Rilis survei Pilpres 2019, di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (13/12/2018).

Media Survei Indonesia (MSI) menyatakan elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin, unggul tipis dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Banten.

Elektabilitas Jokowi-Maruf Amin sebesar 36,31%. Sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 34,63%. Sisanya belum memutuskan 9,25%, tidak tahu atau tidak menjawab 5,13% dan rahasia 14,69%.

Direktur MSI, Asep Rohmatullah, memaparkan, pilihan tersebut berdasarkan alasan yang berbeda.

Jokowi-Maruf dinilai mampu menciptakan ketertiban, berpengalaman dan berhasil memimpin Indonesia. Pasangan nomor 1 itu juga dinilai sebagai tokoh agama, jujur dan perhatian kepada masyarakat.

Sedangkan, Prabowo-Sandiaga dinilai mampu mengatasi masalah ekonomi, mampu berantas KKN, berasal dari keluarga tokoh, berwibawa, memiliki jiwa kepemimpinana dan dekat dengan tokoh ulama.

“Saat disodori contoh kertas suara, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf bersaing ketat dengan Prabowo-Sandi. Gap atau selisih keduanya hanya berkisar 1,68% saja,” terang Asep ketika merilis surveinya di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (13/12/2018).

Dari data tersebut terungkap pemilih yang belum menentukan pilihannya memiliki presentase yang cukup besar.

“Undecided voters atau massa yang belum menentukan pilihan pada survei kali ini 29,07%,” lanjutnya.

Survei tersebut dilakukan di Banten dengan menanyai 800 responden, pada 5 – 14 November 2018 lalu.

Pemilihan responden menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin eror sekira 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Populasi survei di sini adalah warga Banten yang memiliki hak pilih.

“Semua populasi pemilih di Banten mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi responden,” jelasnya. (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...