Untuk Kepentingan Umum

Rumahku Surgaku Pelopor Perumahan Syariah di Tangerang

150

Pengembang PT Cipta Sumber Mas menjadi pelopor perumahan syariah di Tangerang. Pengembang dari group Rumahku Surgaku itu telah membangun ratusan rumah bernama Samawa Village di Sepatan Timur Kabupaten Tangerang.

Ahad (27/1/2019) pagi, ratusan pembeli rumah tersebut melakukan penandatangan draft AJB dan menerima kunci rumah dari pengembang.

Acara yang digelar di Hotel Horison, Pinang, Kota Tangerang, itu dihadiri sejumlah praktisi properti dan lembaga pemberdayaan umat. Acara juga dimeriahkan dengan pembagian door prize.

CEO Rumahku Surgaku Deri Suandi mengatakan, kewajiban menyediakan perumahan rakyat utamanya pemerintah.Namun pelaksanaannya masyarakat masih ada yang kesulitan memiliki rumah.

“Rumah itu kebutuhan sosial. Karena masih pakai kacamata leasing sehingga sulit didapat,” katanya, di sela-sela acara serah terima kunci perumahan.

Ia menjelaskan, instrument-instrument di leasing seperti harus ada slip gaji, pakai perbankan, dan soal BI checking, ini yang jadi kendala masyarakat sulit mendapatkan rumah. Jadi sistem perumahan syariah bakal memberikan solusi.

Menurutnya, perumahannya dengan skema syariah tidak memberlakukan bunga dan tidak ada denda. Konsumen saat pengajuan kredit tidak perlu slip gaji dan juga BI checking.

Ia menegaskan, pihaknya membangun rumah dengan konsep syariah karena ingin melakukan pembinaan dan membangun ekonomi rumah tangga dari rumah itu sendiri.

Ia mengungkapkan, saat ini di lahan seluas 7,8 hektare dibangun 1.200 unit rumah. Sebanyak 700 unit rumah di tahap pertama telah selesai dibangun.
Beragam tipe dibangun mulai dari tipe 30/60 yang terdiri dari 2 kamar tidur.

Pihaknya juga sedang menyiapkan empat lokasi baru yang dapat menampung 4 ribu unit. Lokasinya di Kabupaten Tangerang dan Tangsel.
Ketua Tangerang Berdaya Herman mengapresiasi sudah adanya rumah dengan skema syariah di Tangerang yang dipelopori Rumahku Surgaku. Diharapkan jadi pelopor pembebasan riba di Tangerang dan Indonesia.

“Ini sangat membantu masyarakat yang ingin punya rumah,” katanya.

Ketua Panitia Serah Terima Kunci Perumahan Samawa Village Soma Jaya mengatakan, pemanfaatan bank yang dilakukan Rumahku Surgaku bukan dalam hal pembiayaan.Tapi dalam pengiriman dana saja.

“Jadi kita benar-benar menghindari riba agar berkah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, bahwa serah terima kunci dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 80 dari total 113 unit yang diserahkan pada Ahad (27/1/2019).

Untuk tahap kedua penyerahannya dilakukan awal Februari 2019.

Akhmad Hidayat, salah satu konsumen Samawa Village, mengaku senang karena bisa memiliki rumah dengan cara syariah.

“Kalau pakai kredit konvensional mana mungkin saya bisa. Saya kan enggak punya slip gaji,” kata pria yang memiliki usaha kuliner ini. (setia)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...