Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Produk UKM Kota Tangsel Punya Potensi Besar, Pelatihan Terus Digarap

Produk asli Kota Tangsel mencuri perhatian, baik tingkat lokal maupun nasional. Buktinya saat digelar sejumlah pameran, produk ini dapat apresiasi yang cukup baik.

 

Nah, agar produk tersebut dapat berkembang, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangsel tidak tinggal diam.

 

Sejumlah upaya kini terus digarap agar produk lokal ini bisa terus eksis dan mendapat pengakuan. Misal dengan mengadakan pelatihan supaya kemasan produk tersebut bisa semakin baik dan menarik. Apalagi persaingan semakin ketat. Hal ini harus disiasati dengan sejumlah langkah taktis.

 

Dengan pemanfaatan di dunia digital minimal membantu dalam hal pemasaran. Sekarang pemasaran hampir semuanya dilakukan dengan media online. Lewat dunia maya. Otomatis hal ini menjadi indikasi kalau pemanfaatan tersebut harus dilakukan.

 

“Ini yang harus terus kita manfaatkan. Ada ratusan portal UKM di sini. Hal itu menjadi bukti kalau pemanfaatan lewat media sosial sangat penting bagi perkembangan produk lokal,” kata Plt Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak

Ia mengatakan, dengan memanfaatkan jejaring media sosial mempermudah promosi produk lokal. Dirinya optimis dengan langkah ini dapat mengenalkan produk asli Kota Tangsel di pasar nasional, bahkan hingga tingkat internasional.

Dahlia mengatakan, produk lokal di sini beragam dan punya potensi besar. Seperti fashion, tas, sepatu, batik, makanan dan lain sebagainya.

Maka itu perlindungan terhadap produk lokal harus dilakukan. Mengingat potensi yang dimiliki sangat besar. Pihaknya berkomitmen untuk melindungi dan membesarkan produk tersebut dengan cara mempermudah proses izin, memberikan pelatihan pemasaran, dan lain melengkapi dengan izin edar serta standar lainnya.

 

Ini dilakukan agar produk tersebut memiliki daya saing dengan produk lainnya yang sudah besar. Langkah tersebut kini sedang digarap agar bisa menghasilkan sesuatu yang mumpuni. “Ini yang terus kita dorong agar produk tersebut dapat bersaing dan lebih besar,” ujarnya.

 

Dahlia yakin dengan program yang sudah digarap, produk lokal ini akan berkembang serta bisa bersaing dengan yang lebih besar lagi. Nah, ini yang akan terus digarap supaya bisa menghasilkan sesuatu yang hebat. “Kita akan terus kembangkan agar produk tersebut dapat lebih hebat dan baik lagi,” imbuhnya.

Ia mengaku akan terus mendorong pelaku-pelaku UKM untuk terus bekerja keras agar bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Jika ini bisa direalisaskan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang hebat dan mumpuni. Nah, ini yang harus terus didorong supaya produk UKM Kota Tangsel bisa kian maju dan berkembang. “Ini yang akan coba terus kita wujudkan,” imbuhnya. (adv)

Berita Lainnya