Untuk Kepentingan Umum

Beri Rasa Nyaman Masyarakat, Pemkot Terus Jalankan Program Tangerang Terang 

80
Petugas Dishub saat melaksanakan perbaikan PJU Program Tangerang Terang.

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya memberikan rasa nyaman dan aman bagi warganya. Salah satunya dengan dijalankannya Program Tangerang Terang. Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, selama kurun waktu 2013 hingga akhir 2018 setidaknya sudah puluhan ribu titik penerangan jalan umum (PJU) dibangun.

Penerangan yang masuk dalam program ini, ditempatkan pada ruas jalan protokol atau jalan dengan lebar lebih dari tiga meter.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menerangkan, pemasangan PJU dimaksudkan untuk memberi rasa nyamanan kepada bagi masyarakat. Sehingga leluasa melakukan aktivitas di malam hari.

“Tentunya dengan penerangan jalan yang cukup, mampu pula menekan angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Arief.

Ia menambahkan, penerangan jalan juga diharapkan dapat menekan angka kriminalitas. Termasuk menghindari pencurian listrik untuk kepentingan penerangan jalan umum.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rohman menjelaskan, pada akhir 2017 pihaknya telah membangun 28.745 titik PJU Program Tangerang Terang.

Jumlah tersebut  meningkat dari tahun sebelunya yang telah terpasang 22.043 titik PJU.

“Sedangkan pada 2018, kami telah membangun 6.702 titik PJU baru,” ungkapnya.

Angka tersebut menurut Saeful, melampaui target yang telah ditetapkan.

“Kemudian pada tahun ini, kami kembali akan menambah PJU baru. Sesuai kebutuhan penerangan jalan yang diperlukan,” ujarnya.

Selain melaksanakan pembangunan PJU, Dishub juga melakukan perawatan dan perbaikan rutin. Termasuk mengakomodir keluhan masyarakat apabila terjadi kerusakan.

“Setiap pagi petugas pada bidang PJU, bergerak merawat dan memperbaiki lampu.

“Sekitar 38 petugas dengan ditunjang 11 kendaraan operasional, rutin keliling melaksanakan perawaran dan perbaikan,” tutur Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar.

Petugas bergerak menindak lanjuti aduan masyarakat, yang dikirim melalui Twitter PJU Kota Tangerang dan aplikasi Layanan Aplikasi Kotak Saran Anda (Laksa).

Aplikasi tersebut terintegrasi langsung ke website milik Pemkot Tangerang dan Tangerang Live Room.

“Jadi kami dapat mudah memantau dan menindaklanjutinya,” ujar Wahyudi.

Selain memperbaiki penerangan Program Tangerang Terang, Dishub juga turut membantu PJU Program Kampung terang yang tersebar di 13 Kecamatan. (adv)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...