Untuk Kepentingan Umum

Mi Kuning di Tangerang Ada Formalinnya

15

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Tangerang razia pangan menjelang hari raya Imlek di sejumlah pasar tradisional. Seperti Pasar Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua dan Pasar Cikupa, Kecamatan Cikupa.

Dalam kegiatan tersebut, petugas mendapati makanan yang mengandung formalin. Kepala BPOM Kabupaten Tangerang, Widya Savitri mengatakan, dalam razia tersebut pihaknya mengambil beberapa sampel bahan pangan untuk diuji apakah ada bahan berbahaya yang ada di dalamnya seperti formalin, boraks, rhodamin B, dan methanil yellow.

“Hasil pengujian dari 18 jenis sampel pangan menunjukkan satu sampel mengandung formalin yang ditemukan pada mi kuning basah. Mi kuning itu kami ambil semuanya, sedangkan penjualnya kami data dan kami imbau untuk tidak menjual lagi,” ujar Widya, Senin, 4 Februari 2019.

Selain mie kuning, Widya menjelaskan, pihaknya juga menemukan sarana distribusi produk pangan yang tidak mencantumkan label sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sementara hasil pengawasan sarana distribusi ditemukan produk pangan yang tidak mencantumkan label sesuai ketentuan,” katanya.

Widya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu cerdas dalam memilih pangan yang aman dan bebas dari bahan berbahaya.

“Untuk itu, masyarakat harus jeli dalam memilih bahan pangan, misalnya seperti makanan yang warnanya terlihat mencolok itu juga harus diwaspadai,” jelasnya.(firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...