Untuk Kepentingan Umum

Pokja Tangsel Adakan Roadshow Jurnalisti

Kelompok Pekerja Wartawan Tangerang Selatan adakan Roadshow peringati Hari Pers Nasional 2019.

Wartawan Harian Tangsel dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) mengelar roadshow jurnalistik yang direncanakan ke beberapa sekolah. Rancana akan dimulai pada Senin (11/2) di SMPN 4 Tangsel.

HPN kali ini yang diusung oleh temen-teman Pokja bertajuk “Media Masa Dalam Membangun Pendidikan Berkarakter dan Berintegritas”.  Alasan tema ini diambil disampaikan oleh Ketua Panitia acara Firdaus Rahmadi bahwa peran media salah satunya bagian  pilar demokrasi dalam tatanan berbangsa dan bernegara. Melalui pers roda pemerintahan berjalan dan tatanan sosial tumbuh. Pers berfungsi Sebagai sarana pendidikan, sosial dan hiburan, dan ekonomi.

“Fungsi pers yang penting yaitu sebagai media informasi, karena masyarakat memerlukan informasi mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam hidupnya, baik itu informasi ekonomi (bisnis), politik, hobi, atau bidang-bidang lainnya yang berguna,” katanya.

 

Pers sebagai Media Pendidikan ini mempunyai arti bahwa informasi dari pers yang disebarluaskan melalui media juga mempunyai fungsi untuk mendidik, mencerdaskan, mengandung kebenaran, dan bisa mendorong untuk berbuat kebaikan.

 

“Pers sebagai media pendidikan juga berguna dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan hidup manusia. Masyarakat yang secara teratur mencari dan mendapat berita dari media massa akan bertambah pengetahuan, wawasan, dan tentunya juga ilmu,” tambah ia.

 

Pers juga sebagai Media  Hiburan di dalam Undang-Undang No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 dinyatakan bahwa salah satu fungsi pers yaitu sebagai hiburan. Hiburan yang diberikan pers patutnya tidak keluar dari aturan yang berlaku. Hiburan yang sifatnya mendidik atau netral jelas diperbolehkan, dan yang melanggar nilai agama, HAM, moral, atau peraturan lain tidak diperbolehkan.

 

“Fungsi pers sebagai media hiburan tentu bukan hanya untuk menimbangi berita yang berat, tetapi memang menjadi kebutuhan dasar manusia bahwa hiburan itu perlu dan harus dipenuhi. Hiburan tersebut bisa diperoleh dari media elektronik maupun cetak. Atau bisa mencari hiburan dengan mendengar radio, melihatnya melalui televisi, browsing di internet, melihat video youtube, dan lainnya. Artinya memang pers berfungsi juga sebagai media hiburan,” tukasnya.

 

Acara ini diharapkan dapat mengenalkan apa itu dunia jurnalistik, yang di dalamnya ada dapur televisi, fotografi dan media cetak serta online.

 

Ketua Pokja Wartawan Harian Tangsel, Sudin Antoro, menambahkan peringatan HPN dilaksanan sesuai kontek dan kemampuan, intinya bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Tentu dalam memperingati HPN ini bukan sebatas peringatan tapi berupaya bisa berbagi ilmu kepada siswa siswi,” tuturnya.

 

Acara ini rencananya bekerjasama dengan unit Laka Lantas Polres Tangsel, sosialisasi Millennial road safety festival yang disosialisasikan ke sekolah-sekolah. Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin Hanggara direncanakan akan hadir. (den)

Berita Lainnya