Untuk Kepentingan Umum

Sentra Gakumdu Tangsel Panggil Saksi Dugaan Kampanye Uang Relawan Jokowi-Ma’ruf

1
Acara Kampanye Capres-Cawapres nomor urut 01 oleh relawan Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI) 98di Tandon Ciater, Kecamatan Serpong.

Sentra Gakumdu Kota Tangerang Selatan memanggil pelapor beserta saksi-saksi kasus dugaan kampanye uang di Tandon Ciater, Kecamatan Serpong, Senin (25/2/2019). Laporan itu terkait kampanye relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Jokowi – Ma’aruf Amin yang dituding melakukan pidana pemilu.

Adapun pihak pelapor adalah dari Solidaritas Advokat Penjaga Demokrasi 5 Sila (Sapda 5) yang menghadirkan tiga orang saksi. Mereka melaporkan bukan hanya Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI) 98 saja, tapi juga Iwan Rahayu selaku Ketua Tim Kampanye Daerah Kota Tangsel.

“Kami melaporkan karena patut diduga telah terjadi pelanggaran pemilu. Pelakunya JARI 98,” ujar Koordinator Tim Advokat Sapda 5, Papang Supandi di kantor Bawaslu Kota Tangsel, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, terlapor kepergok bukan hanya menyebar duit pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu saja ke massa kampanye yang datang. JARI 98 dianggapnya telah melakukan kampanye hitam.

“Dugaannya itu terkait pelanggaran pemilunya itu, penghasutan terhadap masyarakat, menghasut masyarakat untuk tidak mencoblos Prabowo dan caleg-calegnya,” ujarnya.

Tiga saksi tersebut masing-masing bersaksi atas pembagian uang dari atas panggung atau “nyawer”, pembagian uang sebelum berangkat ke acara dan yang mengikuti acara itu.

“Karena waktu kampanye itu dia membagi-bagikan duit Rp 50 ribuan.”

“Kalau yang sebelum berangkat dikasih uang Rp 100 ribu, dengan menukarkan fotokopi KTP,” paparnya.

Pasal yang diadukan adalah pasal 280 ayat 1 huruf d dan J tentang larangan dalam kampanye pada Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

Sedangkan sanksinya ada di pasal 521 dan 523 pada Undang-Undang yang sama dengan hukuman terberat penjara dua tahun dan denda Rp 24 juta. (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...