Untuk Kepentingan Umum

RSUD Terbakar, Ratusan Pasien Diungsikan

9

 

Pasien RSUD Kota Tangerang mendadak berhamburan menyelamatkan diri keluar rumah sakit. Penyebanya lantaran adanya salah satu lantai yang mengalami kebakaran pada Selasa (26/2/2019).

Salah seorang saksimata, Dinda Lestari menjelaskan insiden tersebut terjadi pada Senin malam sekitar pukul 23.00 wib.

“Informasi yang saya dapat penyebab kebakaran berasal dari lantai 2. Tiba tiba  dari lantai 3 tercium bau terbakar,” ucapnya ketika ditemui, Selasa (26/2/2019).

Pasien pun panik berhamburan keluar  ruangan untuk menyelamatkan diri. Pantauan langsung, pasien memadati gedung kesenian dan kelurahan Kelapa Indah untuk dievakuasi. Bahkan enam bayi yang masih didalam mesin inkubator harus dilarikan ke masjid Al Hidayah untuk mendapatkan penanganan.

Salah seorang petugas keamanan setempat Suryadi menjelaskan, saat kejadian dirinya sedang dudukndi loby untuk mencatat keluar masuknya pasien.

“Saat itu saya sadang duduk sembari memperharikan kamera CCTV,” ucapnya.

Suryadi menjelaskan, saat kejadian yerdapat salah satu pane listrik di salahnsatu blok di lantai satu meledak sbanyak lima kali.

” Saya kira sedang ada kegiatan bongkar muat. Saya duduk lagi. Kemudian terdengar suara ledakan yang lebih keras sudah memerah,” tambahnya.

Melihat kobaran api yang semakin membesar, ia pun mengimbau anggota lainnya dan perawat untuk memadamkan api yang berada di lantai satu dan tiga.

“Yang paling besar itu apinya di lantai tiga,” tambahnya.

Lurah Kelapa Indah, Supendi menjelaskan hampir seluruh ruang kelurahan dijadikan lokasi evakuasi.

“Pasien di tampung di dalam kantor kelurahan dan di lantai dua juga banyak. Di Posyandu juga ada,” ujarnya.

Supendi menjelaskan, seluruh pasien dilarikan ke RS EMC, RSUP Kabupaten Tangerang, Rs Awal Bros, Mayapada.

” Atas seizin dokter dan keluarga pasien diberangkatkan ke RS Terdekat,” tambahnya.

Direktur RSUD Kota Tangerang Dr Ferry menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 23.12 wib.

” Alhamdulillah kita sudah koordinasi dengan PLN dan Damkar. Penyebabnya dari kabel induk sehingga mau tidak mau kita jarus evakuasi pasien. Kita sudah berkoordinasi dengan RS sekitar dan mereka siap menampung pasien RSUD Kota Tangerang,” ucapnya.

Ferry menjelaskan, saat ini sedang melakukan pendataan pasien. Ia memperkirakan pasien rawat inap yang dievakuasi berjumlah170 an orang. Hingha pujul 02.00 wib proses evakuasi pasien menggunakan ambulan masih berlangsung. (firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...