Pemkot Tangerang Katanya Komitmen Sama Pungli

oleh -
Wakil Walikota Tangerang Sachrudin

Komitmen Pemkot Tangerang dalam memberantas pungutan liar patut ditunggu pembuktiannya. Meskipun berulang kali jajaran pengede di kota berjuluk akhlakul karimah mengatakan serius berantas pungli.

Terbaru kata-kata manis keluar dari mulut Wakil Walikota Sachrudin. Ia mengingatkan para lurah tidak melakukan pungli. Sachrudin juga tidak segan untuk menindak tegas para lurah atau pegawai Pemkot Tangerang yang melakukan pungli.

“Pungutan liar (Pungli) bisa dilakukan oleh siapa saja yang menyalahgunakan kewenangan. Untuk itu, perlu adanya sanksi tegas dan penegakan aturan yang berlaku,” ujar Sachrudin saat menghadiri Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (06/03).

Dalam acara yang diinisiasi oleh Inspektorat Kota Tangerang tersebut, Sachrudin juga kembali menegaskan kepada 104 lurah se-Kota Tangerang yang hadir, pungli bisa menjadi tindak pidana korupsi.

“Jadi lurah itu besar godaannya, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ucap Wakil.

“Intinya setiap pekerjaan yang kita lakukan harus penuh tanggungjawab sesuai dengan kewenangan yang ada,” tambahnya.

Faktor rendahnya etika ditambah tidak seimbangnya antara pendapatan dengan gaya hidup menjadi alasan utama pungli kerap terjadi.

“Makanya kita terus berusaha memberikan kesejahteraan bagi seluruh pegawai,” terang Sachrudin.

Pemkot Tangerang pun telah melakukan berbagai upaya agar pungli tidak terjadi seperti dengan Pembentukan Unit Gratifikasi dan Satuan Tugas Saber Pungli.

“Petugas-petugas ini nantinya akan mengontrol setiap wilayah dan mendeteksi bila ada tindakan pungli,” imbuhnya.

“Kami pun tidak akan tutup telinga, apabila ada masyarakat yang melaporkan. Pasti akan kita tindaklanjuti,” tukasnya. (rls/firda)

 

Share this...
Print this page
Print