Walikota: Sampah Jika Dikelola dengan Baik Akan Bernilai Ekonomis

oleh -

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meresmikan Bank Sampah Bersih Berseri di RW 023, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang pada Minggu, 17 Maret 2019.

Menurut Walikota jika sampah dikelola baik bisa memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Namun, hal tersebut membutuhkan kesabaran.

“Baru di RW 23, Kelurahan Benda Baru, pengurus bank sampah semuanya perempuan. Semangat ya bu,” katanya.

Kata Walikota, sampah bukanlah hal yang menyenangkan. Selain bau juga dekat rentan terhadap penyakit. Namun sebaliknya, jika dikelola dengan baik bisa bermanfaatkan dan menghasilkan nilai ekonomi masyarakat.

“Butuh kesabaran bu. Mulai dari mengumpulkan, pemilahan dan pemilihan, penghitungan sampah hingga bisa mengajak masyarakat lain untuk kelola sampah dengan baik. Dibalik semua itu pasti ada hasilnya bu,” ucapnya.

Walikota menjelaskan, di Kota Tangsel sudah ada beberapa bank sampah yang berhasil mengelola dengan baik. Dan itu menjadi motivasi bagi masyarakat lain. Bahkan, ada juga bank sampah yang sudah mempunyai tabungan sampah.

“Tabungan ini biasanya diambil pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri dan anak masuk sekolah. Nilainya ada yang mencapai puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Selain itu, sambung Walikota keberadaan bank sampah membantu Pemkot Tangsel untuk mengatasi persoalan sampah. Maka itu, ia mengajak masyarakat untuk mau menjadi anggota bank sampah. Soalnya keberadaan bank sampah sangat baik. Terutama bila dikelola dengan baik akan menghasilkan nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

Tak hanya punya nilai ekonomis, adanya bank sampah juga akan mengurangi volume sampah yang saat ini cukup tinggi. Nah, dengan peran serta masyarakat tentunya persoalan sampah bisa teratasi. Tinggal bagaimana masyarakat mau terlibat aktif dalam persoalan ini. Untuk itu ia berharap warga juga memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungannya. Dengan adanya keterlibatan ini akan tercipta sinergisitas dengan pemda.

“Bank sampah bisa mengurangi sampah ke TPA Cipeucang. Selain itu, pemkot juga sudah merancang pembangunan tenaga listrik tenaga sampah. Kalau semua warga bisa menjadi anggota bank sampah, tentunya akan berdampak positif. Terutama dalam mengatasi persoalan sampah yang saat ini terus kita galakkan agar volume tidak semakin banyak,” pungkasnya. (adv)

Share this...
Print this page
Print