Untuk Kepentingan Umum

Musrenbang Kota Tangsel Ajang Adu Gagasan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tangsel antar Kelompok Organisasi Perangkat Daerah (OPD) usai digelar beberapa waktu lalu. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany langsung memimpin Musrenbang tersebut. Diharapkan lewat forum ini akan lahir gagasan serta ide-ide segar guna merumuskan program-program yang bisa langsung dirasakan masyarakat.

Adapun tujuan musrenbang ini sebagai wadah untuk melakukan diskusi dan bermusyawarah guna mendapatkan alternatif – alternatif solusi efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan. Selain itu guna Memperoleh masukan dan saran sekaligus sebagai wadah partisipasi masyarakat bagi penyempurnan RKPD tahun 2020.

Diharapkan melalui forum ini menjadi spirit sekaligus dorongan dan semangat bersama untuk memberikan sumbangsih pemikiran, ide, gagasan maupun kontribusi nyata lagi dalam pembangunan di Kota Tangsel.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang diskusi bagi dinas serta stake holder di bidangnya. Forum ini merupakan partisipasi publik yang mewakili seluruh kelompok kepentingan pembangunan di Kota Tangsel.

“Kehadiran seluruh kelompok kepentingan ini untuk menunjukkan kepedulian terhadap pembangunan kota, sekaligus menunjukkan komitmen yang tinggi dari semua dan bersama-sama membangun Tangsel menjadi lebih maju dan berkembang. Disamping itu, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik pada masa yang akan datang,” katanya.

Di tahun anggaran 2019 ini Walikota meminta untuk menitikberatkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sumber pembiayaan.

“Kompetensi sumber daya manusia dirasa sangat penting dalam merumuskan pembangunan. Kompetensi ini untuk mendorong SDM yang handal,” ujarnya.

Disisi sumber pembiayaan, menurut Walikota selain pendapatan asli daerah (PAD) juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Jakarta dan Banten. Bantu tersebut bisa dalam bentuk dana alokasi atau pun bantuan program yang lokal fokusnya dilaksanakan di Kota Tangsel.

“Saya berharap bantuan ini bisa bertambah. Sehingga usulan dari seluruh masyarakat bisa kita akomodir,” ujarnya.

Untuk itu, kata Walikota berharap peserta di forum ini memberikan masukan ke Pemkot untuk penyempurnaan RKPD untuk tahun 2020.

“Kegiatan ini sebagai kebutuhan pembangunan Kota yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan dalam pembangunan kota di tahun 2020. Dan sebagai wadah konsultasi dan partisipasi publik bagi pemangku kepentingan kota. Mari kita bersama-sama untuk merumuskan program untuk kemajuan Kota Tangsel,” tandasnya.

Ia yakin dengan adanya musrembang ini bisa menjadi tukar pikiran antar OPD untuk bisa mencari tahu apa saja kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Supaya pada penyusunan anggaran bisa tepat sasaran dan tepat guna. “Lewat momentum musrenbang ini diharapkan akan lahir gagasan yang dapat diimplementasikan untuk kemajuan masyarakat,” ungkapnya. (adv)

Berita Lainnya