Developer Syariah Makin Booming

oleh -

Developer syariah makin booming. Itu lantaran pasar properti syariah semakin terbuka lebar. Ini juga tak lepas dari masyarakat yang mulai paham soal syariah.

Pengamat ekonomi syariah Irwan Maulana mengatakan, migrasi konsumen properti ke developer syariah karena masyarakat sudah tahu manfaat jual beli syariah itu. Tidak sekedar adanya riba dalam jual beli konvesional tersebut.

“Tapi mereka merasakan ketenangan dengan sistem syariah ini,” katanya di Tangerang, Selasa (26/03/2019).

Irwan menjelaskan, keunggulan pada pengembang properti syariah yakni akadnya jelas. Kemudian ada akad istishna atau pemesanan pembelian.

Sehingga konsumen yang membeli rumah sesuai dengan spesifikasi yang dipesan. Jadi ini keuntungan bagi konsumen.

Menurut Irwan, baik sistem syariah maupun konvensional sama-sama memiliki resiko. Namun bagi konsumen syariah ada ketenangan ketika telah memiliki rumah.

Kepemilikan rumahnya tidak berkaitan dengan sukuk bunga. Bila kredit pembayaran rumah berdasarkan plat.

“Kendati harga agak mahal namun dirasakan lebih nyaman,” katanya membandingkan.

Pria yang menjabat Ketua Prodi Perbankan Syariah STAI Asy Syukriyyah ini mengakui banyak developer syariah yang sukses seperti Muhamad Rosyid Aziz. Sosok Rosyid telah menginspirasi pelaku developer lain untuk jadi developer syariah.

Sementara di Tangerang Raya, menurutnya ada Deri Suandi, CEO Group Rumahku Surgaku itu juga bisa jadi inspirasi yang lain.

“Saya meyakini ke depan banyak yang tampil sekaligus sebagai ajang dakwah lewat jalur ini,” tandasnya.

Bagi Irwan, mulai ramainya masyarakat ke system syariah secara umum adalah wajar. Sebelumnya, kata dia, sejumlah komunitas masyarakat di Eropa menginginkan penerapan ekonomi syariah.

Mereka menghendaki itu tatkala ada krisis ekonomi di benua biru tersebut. Jadi ekonomi syariah yang merupakan ajaran Islam ini diakui mereka merupakan solusi.(setia)

Share this...
Print this page
Print