Hadapi Tantangan Global UNIS Ubah Visi

oleh -
Ilustrasi UNIS Tangerang

Univesitas Negeri Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang akan merubah visi dan misi pendidikannya. Itu dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapai perkembangan teknologi digitalisasi 4.0.

Rektor UNIS  Mustofa Kamil didampingi Ketua Umum Unis Hudaya Latuconsina menjelaskan, perubahan visi semula dari terwujudnya universitas islam yang unggul pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam persaingan universitas dunia tahun 2032 menjadi University Entrepreneur  dilakukan guna meningkatkan mutu di Universitas tersebut.

Tujuannya, agar universitas tersebut dapat melahirkan generasi yang independen, otonom, dan mandiri. “Para lulusan diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan bukan menjadi pekerja di perusahaan. Unis harus mampu menjadi pelopor,” ucapnya ketika ditemui, Minggu (14/4/2019).

Untuk menghadapi era tersebut, sambung Mustofa, Unis harus meyiapkan tenaga pengajar (dosen-red) yang berkualitas, mereview kurikulum, mendisain infrastruktur yang dapat manjawab tantangan 4.0 dan meriset kegiatan. “Kedepan saya berharap Unis dapat menyelesaikan masalah ini dengan perkembangan dan perubahan masyarakat di era ini, “ harap pria berkacamata ini.

Mustofa mengaku, guna menghadapi  era tersebut Unis telah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya menyiapkan infrastruktur dan anggaran. “Anggaran untuk riset, penulisan karya ilmiah dan pengabdian masyarakat tiap tahun kami selalu meningkat. Porsinya mencapai 30 -35 %  pertahunnya,” tambahnya.

Selain itu, sebagai universitas berbasis agama islam, pihaknya juga berencana memasukkan Al Quran sebagai kurikulum dan mewajibkan calon mahasiswa mampu membaca Al Quran yang akan melanjutkan pendidikan di sana. “Tujuannya agar ada keseimbangan. Jangan hanya mikirin dunia saja, tetapi harus ada bekal untuk keakhirat,” pungkasnya. (pan/firda)

Share this...
Print this page
Print