NasDem Diprediksi Dapat Satu Kursi di Banten III

oleh -
Ilustrasi

Partai NasDem diprediksi mendapat satu kursi di dapil Banten III. Penambahan kursi dipastikan setelah melihat angka quick qount Charta Politika yang menempatkan NasDem memperoleh 4 persenan di dapil yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel, dan Kabupaten Tangerang. Artinya dengan jumlah pemilih sekira 2,6 juta, partai besutan Surya Paloh ini berada diperingkat kesembilan dari jumlah 10 kursi.

Adapun PDIP diprediksi memperoleh dua kursi, sedang  Golkar, Demokrat, PKS, Gerindra, PKB, PAN juga dipastikan dapat satu kursi. Sementara kursi kesepuluh diprediksi diperebutkan PKS yang berpeluang dapat dua kursi ataupun PPP. Sementara Partai Hanura yang pada 2014 dapat satu kursi harus terpental dari Banten III lantaran tidak memenuhi Parlemen Treshold (PT) minimal 4 persen. Begitupun dengan PSI yang suaranya cukup bagus di Banten III juga tidak dapat apa-apa karena terbentur PT.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Tangerang Suratmin mengaku kabar dapat satu kursi DPR diperoleh dari laporan relawan-relawan yang terlibat dalam penghitungan. “Insya Allah dapat satu kursi DPR,” katanya, saat dihubungi, kemarin.

Ia mengaku dengan penambahan satu kursi ini, dapil Banten III NasDem punya wakil karena pada pemilu sebelumnya tidak ada kadernya.ia  pun berharap hasil rekapan teman-teman di lapangan tidak berubah saat pengumuman pleno nanti. “Sambil menunggu keputusan resmi KPU kita tetap mengawal proses penghitungan ini,” imbuhnya.

Mengenai nama yang lolos menjadi anggota DPR, Suratmin belum berani berandai-andai. Tetapi dari gerakan dan sosialisasi, Ketua DPW Banten Wawan Iriawan memiliki peluang yang paling besar.

“Kalau dari gerakannya Pak Ketua memang sangat aktif kampanye di dapil Banten III. Jika melihat trendnya peluang untuk jadi anggota DPR sangat besar,” ungkapnya.

Sementara itu komisioner KPU Kota Tangsel Ajat Sudrajat mengatakan, pengitungan saat ini masih di tingkat kecamatan. Sementara batas waktu paling lambat penghitungan tingkat kota tanggal 7 Mei mendatang. Nah, saat ini proses penghitungan sudah pada 40 persenan dari jumlah keseluruhan.

Ia berharap tidak ada masalah saat penghitungan nanti, semua berjalan baik tanpa ada kendala apapun. “Kita inginnya semua baik-baik saja. Begitupun dengan penghitungan agar tepat sesuai jadwal yang ada,” ujarnya. (firda)

Share this...
Print this page
Print