Untuk Kepentingan Umum

Kembangkan Alternatif Energi Terbarukan, LIPI Modifikasi Sumber Daya Nabati

52
Peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI sedang menunjukan hasil penelitian modifikasi sumber daya alam menjadi sumberdaya alternatif energi dan obat, Selasa (30/4) di Gedung Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong Tangsel.

Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah memodifikasi sumber daya alam untuk penyediaan alternatif energi dan obat di Indonesia, diantara hasil penelitiannya adalah Bio-Oil dari pelepah tandan kosong kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit bisa diproses mendapatkan bio-oil diatas 60 persen, selain itu berpotensi sebagai bahan kimia cair,” jelas Plt Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI Raden Arthur Ario Lelono, Selasa (30/4) di Gedung Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong Tangerang Selatan.

Arthur mengatakan, proses mendapatkan bio-oil dari tandan kosong kelapa sawit menggunakan mekanisme termal katalik, yaitu perengkahan senyawa dalam tandan kosong kelapa sawit itu.

“Bio-Oil membantu industri pengolahan kelapa sawit dalam mengolah limbahnya, serta membantu penyediaan energi alternatif dari biomassa tandan kosong itu sebagai energi terbarukan,” tambahnya.

Selain itu, dari limbah kelapa sawit, Pusat Penelitian Kimia LIPI juga mengembangkan bioplastik, “tandang kosong kelapa sawit juga mengandung selulosa, hemiselulosa dan lignin, bioplastik dari limbah ini juga sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai pengganti plastik konvensional karena memiliki sifat tahan terhadap air dan kelembaban,” tukasnya. (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...