Untuk Kepentingan Umum

Pemkot Sambut Baik Aplikasi Pencari Kerja

Kominfo Tangsel menghadiri Sosialisasi Aplikasi Karir, Jumat (4/5) di Hotel Atria, Gading Serpong, Kabupaten.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambut baik beroperasinya website ketenagakerjaan yang dibuat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota setempat.

Aplikasi tersebut adalah https://apindotangsel.topkarir.com.Adanya aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Tangsel. Pada pekan lalu, aplikasi ini resmi dilaunching Gubernur Banten di Hotel Atria, Gading Serpong, Kabupaten.

Portal ini juga memfasilitasi perusahaan dan pelaku usaha untuk mempertemukan mereka dengan kandidat muda berbakat. Selain itu, portal ini berisi beragam informasi terkait ketenagakerjaan seperti lowongan kerja, magang, pelatihan, sertifikasi, beasiswa dan kewirausahaan.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Fuad yang mewakili Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya menyatakan mengapresiasi adanya pencari kerja dan lowongan kerja melalui teknologi informasi.

“Dengan adanya aplikasi ini mempermudah pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan pekerja. Sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Kota Tangsel,” katanya saat sosialisasi aplikasi karir di Hotel Marilyn, Serpong Utara, pada Jumat, 3 Mei 2019.

Menurutnya, aplikasi ini membantu pencari kerja dalam mencari lowongan pekerjaan sesuai bidang pendidikan dan kebutuhan perusahaan.

“Dengan adanya aplikasi ini kurangnya informasi lowongan kerja di Tangsel bisa teratasi,” ujarnya.

Ia berharap, pola kerjasama yang dibangun antara Apindo dan TopKarir tersebut mampu mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangsel.

“Semoga kerjasama ini berkontribusi dalam penyediaan kesempatan kerja guna mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangsel,” terangnya.

Ketua Apindo Kota Tangsel Adwin Syahrizal menuturkan kerjasama ini membawa dampak positif untuk mengurangi pengangguran. Selama ini sejumlah perusahaan mengaku kesulitanencari tenaga kerja yang kompeten. Padahal, banyak pencari kerja yang memenuhi kriteria keinginan perusahaan.

“Aplikasi ini untuk menjembatani antara pencari kerja dengan perusahaan yang mencari tenaga kerja,” ucapnya.

Ditambahkan Direktur Operasional Topkarir.com Diana Tanu mengatakan, selama seminggu website apindotangsel.topkarir.com. beroperasi sudah ratusan pencari kerja dan menggunakan aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mencari informasi pekerjaan. Pencaker yang berminat di salah satu perusahaan hanya mengisi identitas dan persyaratan pendukung. Tidak harus ke lokasi perusahaan dengan membawa surat lamaran kerja. Ini bisa mempersingkat waktu dan biaya,” tandasnya. (den)

Berita Lainnya