Permudah Pengurusan Sertipikat, Aplikasi SIMASBRO Diluncurkan

oleh -

 

Membuat sertifikat membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal itu membuat pemilik sertifikat harus mengecek langsung ke Kantor ATR/BPN.

 

Untuk mempermudah hal tersebut ATR/BPN Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat inovasi baru dengan meluncurkan SIMASBRO, yakni Sistem Informasi Masyarakat Broadcast melalui SMS atau Whatsapp di Kantor ATR/BPN Kota Tangsel, Serpong pada Jumat, 10 Mei 2019.

 

Dengan sistem SIMASBRO masyarakat Kota Tangsel kini bisa mengecek berkas atau sertifikatnya secara online.

 

Kepala Kantor BPN Tangsel, Wartomo, mengatakan SIMASBRO dapat memberikan informasi pertanahan terkait dengan proses berkas yang didaftarkan, informasi pendaftaran berkas, informasi tunda berkas karena kekurangan kelengkapan dokumen berkas dan informasi produk berkas yang sudah selesai.

 

“Untuk informasi pendaftaran berkas, apabila ada kendala maka akan disampaikan ke pemohon melalui sistem tersebut,” ujarnya.

 

Sedangkan manfaat layanan SIMASBRO untuk masyarakat, adalah memberikan kepastian bahwa berkas benar telah didaftarkan di Kantor Pertanahan Kota Tangsel.

 

Selain itu, memberikan informasi elektronik langsung kepada pemohon apabila ada kekurangan kelengkapan dokumen terhadap berkas yang dimohon, serta memberikan kepastian kepada pemohon apabila berkas sudah selesai untuk melakukan pengambilan hasil produk berkas.

 

Sementara Himawan Arief Sugoto, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN yang turut hadir memaparkan, bahwa ini merupakan komitmen pihaknya untuk terus menerus melakukan transformasi berbasis online dan infrastruktur yang mumpuni.

 

“Kedepan kita akan melakukan sistem arsip digital. Untuk itu, dilakukan secara bertahap seperti SIMASBRO sebagai bentuk sistem secara terbuka. Jadi masyarakat dapat mengetahui status berkasnya. Karena selama ini masyarakat tidak mengatahui berkasnya ada dimana,” ungkapnya.

 

Sementara, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany dalam sambutannya juga mengatakan semoga adanya SIMASBRO dapat menjadi transparansi dan inovasi yang berguna untuk masyarakat. Ia juga berharap sosialisasi SIMASBRO tidak ada kendala supaya masyarakat bisa langsung merasakan manfaat aplikasi ini.

Menurutnya keberadaan aplikasi ini sangat penting mengingat perkembangan teknologi yang kian pesat. Selain itu adanya aplikasi bagian dari komitmen pemerintah dalam mewujudkan transparansi.

“Jadi adanya SIMASBRO harus didukung karena besarnya manfaat yang ada. Warga bisa tahu status berkasnya saat pengajuan pembuatan sertipikat. Ini yang harus terus didorong,” ujarnya.

Airin yakin jika aplikasi berhasil tentunya antusias warga dalam mengurus sertipikat akan semakin tinggi. Mengingat pemerintah pusat juga kini tengah menggalakkan program sertipikat tanah warga. Dengan adanya sarana pendukung seperti aplikasi SIMASBRO tentunya akan mempermudah penggurusan pembuatan sertifikat. (adv)

Share this...
Print this page
Print