Untuk Kepentingan Umum

BNI Syariah Berbagi, Ratusan Anak Jalanan Dapat Santunan

Menyambut miladnya yang ke-9, BNI Syariah Cabang Tangerang menggelar serangkaian acara dengan melibatkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Salah satunya dalam bentuk yang sederhana. Yaitu dengan berbagi kebahagiaan dan sedekah kepada orang tua di panti jompo, panti asuhan, anak-anak jalanan dan masyarakat yang kurang mampu.

Kali ini BNI Syariah Kantor Cabang Tangerang mendatangi Rumah Singgah Anak Langit yang sekarang berubah nama menjadi Semanggi (Semangat Berbagi-red) Foundation. Untuk melakukan kegiatan santunan bersama anak jalanan di wilayah Kota Tangerang.

Kegiatan ini bernama Kisah Cinta Hasanah. Kegiatan ini rutin digelar sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengiringi perjalanan dan memberikan kepercayaan kepada BNI Syariah sebagai mitra dalam melakukan transaksi keuangan dan mensyiarkan ekonomi syariah.

Rasa syukur tersebut diimplementasikan dalam penyaluran dana zakat BNI Syariah. Pada April tahun ini, telah disalurkan sebesar Rp5,5 miliar. Komposisinya untuk bidang kemanusiaan sebesar Rp3 miliar, bidang dakwah Rp1,1 miliar dan bidang pendidikan Rp971,4 juta.

Ditambah alokasi untuk bidang kesehatan Rp360,7 juta dan bidang ekonomi Rp104 juta. Dana zakat tersebut diperoleh dari prosentase laba tahunan yang dihasilkan BNI Syariah. Ditargetkan pada tahun ini, penghimpunan dan penyaluran zakat untuk masyarakat melalui Yayasan Hasanah Titik bakal terkumpul dana sekitar Rp23 miliar.

 

Dari sisi kinerja, diharapkan pada 2019 ini BNI Syariah dapat mencapai pertumbuhan laba sekitar 30% secara year on year. Hal ini tentu berpengaruh dengan besarnya zakat yang akan menjadi komitmen di tahun ini. Di sisi lain, BNI Syariah juga mendukung pemerintah dan Badan Wakaf Indonesia dalam upaya pengembangan wakaf produktif melalui fundraising di platform Wakaf Hasanah yang dimiliki oleh BNI Syariah melalui program 9 titik Benteng Hasanah di Batas Negeri.

Tahun ini, BNI Syariah akan mengembangkan proyek usaha pengolahan minyak sereh yang dikelola Pondok Pesantren Al – Anshar, Desa Lhok Geuleumpang, Aceh Jaya. Provinsi dipilih karena wilayah ini merupakan daerah istimewa di Indonesia yang telah menerapkan hukum syariah, dan akan mengimplementasikan Qanun tentang lembaga keuangan syariah.

Melalui program Benteng Hasanah di Aceh, BNI Syariah berharap dapat berkontribusi dari sisi pemberdayaan ekonomi dan penguatan karakter masyarakat serta percepatan bisnis di Aceh.

“Tahun ini kami mengangkat Hasanah Go Higher sebagai tema milad BNI Syariah ke-9. Harapannya BNI Syariah di tahun ini semakin tumbuh berkualitas. Tidak hanya dari sisi pencapaian bisnis, melainkan kontribusi perbankan syariah untuk masyarakat melalui sistem wakaf dan ziswaf, kualitas sumber daya manusia (SDM) dan corporate share value untuk masyarakat luas,” terang Pimpinan Cabang BNI Syariah Tangerang Zaenal Arifin, usai menggelar acara pemberian santunan kepada anak jalanan Kota Tangerang, Jumat (17/5).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan milad BNI Syariah ke-9 dengan mengusung tema Hasanah “Go Higher” yang berarti semangat tumbuh secara berkualitas dari sisi kapabilitas, bisnis dan kontribusi kepada masyarakat. Kemeriahan milad kali ini tercermin dalam berbagai kegiatan. Diantaranya Kejutan Hasanah atau Promo produk-produk BNI Syariah.

Selanjutnya kegiatan 9 titik Benteng Hasanah di Batas Negeri. Yakni program fundraising proyek-proyek di titik terluar Indonesia melalui wakaf Hasanah www.wakafhasanah.bnisyariah.co.id. Kemuian Takjil Hasanah berupa berbagi takjil atau makanan berbuka puasa bagi para pengendara yang melintas di seluruh area Kantor Cabang BNI Syariah dan BNI Syariah Kantor Pusat pada 17 Mei 2019.

Kisah Cinta Hasanah yaitu kegiatan santunan di panti asuhan, panti jompo dan santunan anak-anak jalanan. Juga ada kegiatan Mudik Hasanah, yaitu program mudik bersama anak-anak yatim dan dhuafa, guru agama, marbot masjid, hafidz dan wartawan.

Selain itu diselenggarakan pula Hasanah Movie Competition, Itikaf Hasanah, Kreasi Outlet Hasanah, Hasanah Olympic dan Mini Puncak Milad ke-9 di Jakarta, Aceh, Banjarmasin, Makassar dan Lombok. (dev/firda)

Berita Lainnya