Untuk Kepentingan Umum

Inilah Penyebab Terbakarnya Satu Unit Truk Tangki Pertamina di Ciater

Satu unit truk tangki Pertamina hangus terbakar akibat konsleting listrik, Minggu (19/5) Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Satu unit truk tangki Pertamina terbakar di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ciater, Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5).

Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 13.30 WIB. Disebutkan, truk tangki berencana menyuplai bahan bakar ke dalam tangki pendam SPBU. Namun, karena terjadi korsleting, tiba-tiba api langsung menjalar ke bagian mesin truk.

Posisi truk berada persis di bagian sisi mesin pengisi BBM SPBU Ciater. Kepulan asap hitam pekat tampak terlihat dari kobaran api yang membakar bagian bawah truk. Spontan hal itu membuat panik para pegawai SPBU dan warga sekitar.

Diduga ada korsleting pada bagian aki mobil. Tapi, ini masih sementara. Untuk hasil jelasnya, nanti pihak kepolisian yang akan menyelidiki,” tutur Uci Sanusi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Tangsel.

Pihak Damkar langsung mengerahkan 2 mobil pemadam ke lokasi. Sambil menunggu kedatangan mobil Damkar, pegawai SPBU dibantu warga sekitar terus berjibaku berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Begitu kita sampai, di sana sudah banyak yang berusaha memadamkan api. Lalu kita berikan semprotan pendingin sehingga panas api tidak meluas,” katanya.

Amukan api pun berhasil dijinakkan. Meski begitu, petugas tetap berada di lokasi untuk terus memastikan bahwa uap panas tak akan menyebar dan memantik api. Operasional SPBU juga dihentikan sementara, sampai kondisi benar-benar aman.

“Belum dibuka karena nanti dipastikan dulu apakah sudah dingin dan aman. Karena ini rentan, posisinya dekat dengan mesin dan penampung BBM,” tuturnya. (den)

Berita Lainnya