Lima Nama Berpeluang Ramaikan Pilkada Tangsel

oleh -

Tahapan Pilkada Kota Tangsel masih beberapa bulan lagi. Namun, suhu politik di daerah termuda Provinsi Banten sudah mulai terasa menggeliat. Apalagi pertarungan politik di Tangsel tidak akan diikuti incumbent Airin Rachmi Diany yang sudah menjabat dua periode. Otomatis tanpa adanya petahana tentunya lebih menarik karena calon yang tampil bisa jadi muka-muka baru. Kecuali, Wakil Walikota Benyamin Davnie ikut bertarung dalam pilkada nanti.

Direktur Excecutif Indexpolitica Denny Charter menilai pertarungan politik di Tangsel bisa dipastikan menarik untuk diikuti. Musababnya, kompetisi ini diikuti calon baru yang tentunya akan membuat pemilih dapat melihat rekam jejak calon pemimpin Tangsel nanti lebih dalam.

“Saya rasa pertarungan ini akan lebih seru. Wajah baru tentunya akan menarik pemilih untuk dapat menentukan siapa yang berhak untuk dicoblos nanti,” katanya saat dikontak, akhir pekan lalu.

Deny menilai Tangsel memiliki karakter yang sedikit berbeda dengan daerah di Banten karena wilayahnya yang perkotaan memiliki karakter warganya lebih pragmatis.  Artinya tidak ada hubungan kekerabatan yang erat membuat pemilih akan melihat rekam jejak.

“Masyarakat perkotaan lebih rasional dan pragmatis. Jika dinilai calonnya kurang cakap akan ditinggalkan. Yang terpenting bagi masyarakat urban, pemerintah bisa mempermudah urusan administrasi ataupun penyediaan ruang publik yang lebih banyak,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunitas Milenial (FKM) Tangsel Bani Ramadhan mengatakan, para calon yang ingin bertarung dalam kontenstasi lima tahunan harusnya sudah mulai muncul dari sekarang. Minimal tampil di ruang publik untuk awal pengenalan.

Meski demikian, ia menilai ada beberapa nama yang bisa dijadikan rekomendasi untuk maju dalam pilkada tahun depan. Mereka punya potensi karena prestasi dan juga sudah dikenal public. Seperti

Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangsel  Li Claudia Chandra, anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat, praktisi hukum yang juga putri wapres terpilih KH Maruf Amin, Dr. Siti Nur Azizah, SH. M.Hum, serta politisi Perindo Angela Herliani Tanoesoedibjo. (firda)

 

Share this...
Print this page
Print