Baznas Kota Tangerang Salurkan Zakat Fitrah Rp 1,3 Miliar ke Anak Yatim dan Dhuafa

oleh -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang pada 1440 H atau tahun 2019 masehi ini menyalurkan zakat fitrah Rp 1,3 miliar ke anak yatim dan dhuafa. Penyaluran zakat fitrah paling banyak untuk Kecamatan Karawaci Rp 144 juta.

Wakil Kepala Bidang SDM, Administrasi dan Umum Baznas Kota Tangerang, Subur Amin Mubarok mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tangerang khususnya Kecamatan Larangan yang telah memfasilitasi penyaluran zakat fitrah ini.

“Tahun ini untuk santunan zakat ada dua kali yakni saat Muharam dan Ramadan,” katanya disela-sela penyaluran zakat fitrah di Kecamatan Larangan, Rabu (29/5/2019).

Ia mengatakan, Baznas Kota Tangerang tidak hanya menyalurkan zakat tetapi juga membantu biaya pendidikan warga tak mampu, bedah rumah warga, membantu warga yang sakit, dan program warung. Syaratnya warga tersebut memiliki KTP Kota Tangerang.

Ia menegaskan, sumber dana Baznas berasal dari zakat propesi dan zakat mal. Kemudian dari zakat fitrah masyarakat yang menunaikannya di Baznas Kota Tangerang.

Pihaknya berharap program Baznas bisa berjalan baik. Apalagi UPZ (unit pengumpul zakat) sudah ada di mushola-mushola dan masjid-masjid.

Menurutnya, kendati belum maksimal UPZ tersebut namun bisa ditingkatkan.
Camat Larangan Damiati mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih adanya santunan Baznas Kota Tangerang. Bahwa saat ini Baznas melakukan program di berbagai lini. Seperti pendidikan, kesehatan, dan bedah rumah. “Lewat program ini sangat menyentuh masyarakat,”katanya.

Di wilayahnya masyarakat yang menerima zakat fitrah dari Baznas Kota Tangerang ada 288 orang yang berasal dari 8 kelurahan. Dengan masing-masing diberikan Rp 250 ribu. Sehingga semuanya Rp 72 juta yang digelontorkan di sini.

Muhammad Angga Firmansyah, salah satu anak yatim mengaku senang mendapat santunan dari Baznas Kota Tangerang. Anak yang tinggal di Kelurahan Larangan Indah dan masih duduk di sekolah dasar ini akan memanfaatkan sebaik-baiknya dana yang diberikan.

Terpisah, Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Kota Tangerang Romlih mengatakan, di bulan Ramadan ini selain zakat fitrah Baznas juga memberikan ratusan bingkisan kepada mustahik. Penyalurannya dengan mendatangi rumah warga dan juga di rumah sakit.

“Jadi kita dari pintu ke pintu dan blusukan mencari mustahik,” katanya.

Ia mengatakan, tahun ini zakat fitrah Rp 1,3 miliar disalurkan ke masyarakat. Paling besar untuk Kecamatan Karawaci. Setiap kelurahan masing-masing 36 orang yang mendapat zakat fitrah dengan nilai masing-masing Rp 250 ribu. (Setia)

Share this...
Print this page
Print