Liat di Youtube, Pemkot Mulai Uji Coba Ban Bekas

oleh -
Walikota Arief R WIsmansyah saat uji coba ban bekas untuk perbaikan jalan di Neglasari

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah turun langsung ke Jalan Juanda, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang mengawasi proses perbaikan jalan. Itu dilakukan untuk memastikan proses pengerjaan lancar. Maklum saja, proses pengerjaan tidak biasa. Karena pondasi menggunakan bahan dari ban bekas ( Mechanical Concrete).

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Tatang Sutisna dan Sekretaris Dinas Perhubungan Wahyudi Iskandar menjelaskan, proses pengerjaan tersebut merupakan sebuah uji coba yang baru pertama kali dilakukan di Kota Tangerang. Dimana, dengan mengandeng PT Gajah Tunggal, Tbk ia menginginkan agar limbah yang berasal dari ban bekas dapat ditanggulangi sehingga dapat menekan angka pencemaran lingkungan.

“Karena letaknya dekat bandara dan sering dilintasi truk dengan muatan berat, saya meminta Dinas PU untuk melakukan perbaikan agar seberat apapun kendaraan bisa lewat,” ucapnya ketik ditemui, Sabtu (22/6/2019).

Arief mengaku, ide gagasan penggunaan (Mechanical Concrete) didapatnya dari youtube. Dimana dalam perakitannya di Amerika pengerjaanya menggunkan ban.

“Disini kan ada pabrik ban dan toko penjualan ban yang kesulitan membuang limbahnya. Akhirnya kami meminta dukungan dan PT Gajah Tunggal,Tbk mensuportnya,”tambahnya.

Jika uji coba tersebut berhasil, sambung Arief, pihaknya akan menerapkannya untuk membangun jalan protokol yang kerap dilalui kendaraan di Kota Tangerang.

“Hasilnya nanti akan kita bandingkan. Mana yang lebih efisien antara pakai geocell atau ban,” pungkas walikota dua periode ini. (ger)

Share this...
Print this page
Print