Untuk Kepentingan Umum

SMK Jaya Buana Adakan MPLS

Kepala SMK Jaya Buana, Aan Ansori (kanan) berpose bersama peserta MPLS.

Mts dan SMK Jaya Buana, Kresek, Kabupaten Tangerang, adakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2019. MPLS dilaksanakan selama satu minggu, di lingkungan sekolah.

Kepala SMK Buana Jaya, Aan Ansori mengungkapkan, MPLS adalah masa perkenalan murid baru di sekolah. Murid dikenalkan berbagai lingkungan yang ada di sekolah. Baik guru, ruang kelas, lingkungan sekolah dan saling kenal sesama murid lainnya.

“Tahun ini ada sekitar 800 an murid, yang ikut MPLS. Hampir 500 murid Mts dan sisanya murid baru SMK,” jelasnya, Kamis, (11/7/19).

Selama MPLS pula, murid diberikan pembekalan tentang mitra sekolah dari luar. Sehingga, murid paham, bahwa lingkungan sekitar, mendukung keberhasilan seseorang atau lembaga pendidikan seperti sekolah.

“Ada beberapa narsum dari luar yang kita hadirkan, tujuannya untuk mencerdaskan anak didik tentunya. Sebab, kalau cerdas, di sini akan diberikan beasiswa, alias gratis,” ungkapnya.

Ditambahkan, ketua pelaksana MPLS SMK Jaya Buana, Iqbal Qurnawan yang menerangkan, peserta MPLS di sekolah Buana Jaya akan dikenalkan tentang budi pekerti, peduli dan ahlakul karimah.

Dengan pemahaman tentang hal-hal tersebut, diharapkan murid menjadi pribadi yang sopan, cerdas dan beriman. Bisa dikatakan, meski sekolah umum, namun tak kalah dengan pendidikan di pesantren.

“MPLS dulu dikenal MOS atau masa orientasi siswa. Lebih banyak kepada Ta’aruf sesama teman, guru dan lingkungan sekolah,” ujarnya.

Pihaknya menjamin, selama pelaksanaan MPLS di sekolah Buana Jaya, tidak ada kata senior junior, perpeloncoan, atau kekerasan fisik lainnya. Karena, sekolah, dalam hal ini panitia, sangat disiplin ke peserta dan panitia.

“Ditambah, dewan guru dan kepala sekolah pun, ikut memantau. Jadi kami sangat hindari, kegiatan yang tidak mendidik murid baru,” pungkasnya. (firda)

Berita Lainnya