Pemasangan Tapping Box Lebih Banyak Jadi Solusi Peningkatan PAD

oleh -

 

Banyak cara yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Dari pendataan wajib pajak, pemeriksaan wajib pajak hingga pemasangan tapping box.

Nah, nama terakhir ini adalah pemanfaatan teknologi untuk memaksimalkan potensi PAD. Tapping box adalah alat yang digunakan untuk memantau transaksi dari suatu tempat usaha secara online. Tujuannya untuk mencegah kecurangan, sehingga penerimaan pajak daerah menjadi maksimal.

Alat ini berfungsi merekam data transaksi wajib pajak sehingga terhindar dari laporan internal fiktif karena dapat mengetahui pendapatannya secara riil. Sementara bagi pemerintah daerah, alat ini bermanfaat untuk transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efesiensi dalam pemungutan pajak.
Dengan adanya alat tersebut tentunya bisa memaksimalkan PAD dari sejumlah sektor pajak daerah. Seperti parkir, restoran, hiburan, hotel serta BPHTB.

Kasi Pemeriksaan Pajak Daerah Wilayah II Bapenda Kota Tangsel Marlina DJ Bonde mengatakan pemasangan alat ini sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. Pemasangan dilakukan di sejumlah tempat usaha seperti hotel, restoran, parkir swasta dan tempat hiburan yang berskala besar.

“Pemasangan alat untuk memantau hingga tidak ada kecurangan dalam sistem keuangan para pengusaha. Juga supaya hasil pendapatan daerah meningkat,” ujarnya.

Kata dia, alat dipasang di kasir atau mesin pembayaran memiliki sistem kerja. Yakni saat pelanggan membayar data sebelum tercetak di struk sudah masuk ke tapping box. Dengan demikian pengusaha atau wajib pajak tidak bisa memanipulasi data dalam pembayaran pajak. Selain itu, alat ini juga dinilai lebih efektif dalam pemeriksaan pajak Daerah.

Ia yakin dengan penerapan pemasangan tapping box selain meningkatkan pendapatan juga membuat pengusaha tidak bisa curang. Soalnya ketika ketahuan memanipulasi data bakal ada konsekuensi yang diambil. Nah, karena itu adanya alat ini sangat membantu untuk peningkatan pendapatan daerah.

“Makanya pemasangan teknologi ini amat membantu dalam pengawasan pendapatan. Ini yang akan terus kota dorong,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemeriksaan Pajak Daerah Bapenda Kota Tangsel Cahyadi menuturkan adanya tapping box juga bisa melihat sejauh mana pendapatan yang dicapai. Apabila masih ada yang kurang dari segi target bisa dikejar. Jadi kekurangan apa dan langkah yang bisa dilakukan bisa kelihatan. Ini keuntungan penggunaan taping box. Juga bisa dijadikan bahan evaluasi ke depannya terhadap sejumlah potensi pajak daerah.
“Nah, bila ini bisa dilakukan tentunya akan meningkatkan pendapatan. Maka itu keberadaan tapping box ini penting untuk menggaet sejauh mana potensi pendapatan daerah,” ujarnya. (adv)

Share this...
Print this page
Print