Puluhan IKM Kota Tangerang Dididik Jadi Wirausahawan Baru

oleh -
Kabid Industri pada Dinas Indag Provinsi Banten Rudiansyah Thoib memberi materi untuk para IKM.

Sebanyak 25 pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kota Tangerang mendapat bimbingan teknis (Bimtek) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Kota Tangerang selama dua hari, 22 sampai 23 Juli 2019 di SMKN 2. Mereka didik supaya menjadi wirausahawan baru.

Sebagai pemberi materi Kepala Bidang Industri pada Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Banten Rudiansyah Thoib dan Eko Setiawan, selaku trainer dari perusahaan swasta.Bimtek dilakukan berupa pemberian materi dan praktik langsung kepada pelaku IKM. Mereka pun antusias mengikutinya.

Dalam bimtek itu mereka dilatih membuat kerajinan dari bahan logam. Seperti dari sendok dan garpu yang dibentuk jadi beragam kerajinan seni bernilai tinggi. Di antaranya membuat reflika burung. Kegiatan dibuat dalam 5 kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Praktik dibimbing langsung Eko Setiawan.

Kabid Industri pada Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Banten Rudiansyah Thoib mengatakan, pelaku IKM agar berkembang saat ini perlu bantuan media sosial dan aktif di setiap komunitas. Kemudian membuat kelompok dan cari usaha yang masih gratis.

“Sekarang ini eranya bukan punya modal melawan tidak punya modal, atau yang kaya melawan yang miskin. Tetapi siapa yang cepat itu menang,” katanya, Selasa (22/7/2019).

Rudi menjelaskan, bahwa saat ini yang disebut era revolusi industri 4.0. Misalnya usaha otomatisasi fintech dan consumer digital (Go-Jek). Eranya digital yang tanpa modal dan kantor tapi sudah bisa menjalankan usaha.

Nah untuk jadi wirausahawan baru ini, kata Rudi, bagi rintisan usaha bisa mulai di bidang jasa.Bidang ini modalnya kecil bahkan gratis. Ini karena bentuknya kerjasama. Mislanya pembuatan usaha cucian motor, penyewaan tenda, atau usaha gerobak gorengan. Lambat laut usaha bakal berkembang menjadi besar.

Rudi berharap bagi pelaku IKM yang ikut bimtek ini bisa menjadi pioner di wilayah masing-masing. Supaya lebih berkembang tadi maka perlu dibuat kelomok usaha dan mencari kemitraan. Kemudian minta dukungan pembinaan baik dari pemerintah maupun swasta.

Kabid Industri pada Dinas Indag Kota Tangerang Wawan Kuswanto mengatakan, digelarnya bimtek ini diikuti perwakilan pelaku IKM yang ada di tiap kecamatan di Kota Tangerang. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini kegiatan industri usahanya berkembang.

Puluhan IKM di Kota Tangerang mengikuti bimtek wirausahawan baru yang digelar Dinas Indag Kota Tangerang selama 2 hari.

“Pemkot Tangerang melalui Dinas Indag terus mendorong lewat pembinaan,” katanya.

Ia juga mengharapkan, pelaku IKM yang telah mengikuti bimtek ini kreatifitasnya bisa mewarnai dalam kampung-kampung tematik yang ada di wilayah. Sehingga wilayahnya semakin dikenal dengan adanya kreatifitas kerajinan dari kampung tematiknya.(ADV)

Share this...
Print this page
Print