DKP Larang Penggunaan Plastik Untuk Bungkus Daging Kurban

oleh -

Penyelenggaraan hari raya idul adha 2019 berbeda di Kota Tangerang. Pasalnya, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melarang seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menggunakan kantong plastik untuk pembungkus daging kurban pada 11 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman saat melakukan sosialisasi kesehatan hewan kepda seluruh Satgas Kurban di Gedung Cisadane, Senin (29/7/2019).

Abduh menjelaskan, sejatinya penggunaan plastik untuk pembungkus daging tidak baik untuk kesehatan karena dapat berpotensi menimbulkan kanker.

Khususnya untuk plastik berwarna hitam karena dibuat menggunakan bahan limbah yang tidak dianjurkan untuk membungkus makanan secara langsung.

“Saya mengimbau kepada DKM untuk menggunakan plastik, kalau bisa besek dari anyaman bambu atau daun untuk membungkusnya,” ujarnya.

Menurut Abduh, penggunaan besek berbahan anyaman bambu sangat baik bagi lingkungan. Terlebih dengan penggunaan dapat membantu Pemkot Tangerang meningkatkan perekonomian pengrajin anyaman di Kota Tangerang.

“Dengan menggunakan besek kita ikut andil menjaga kelestarian lingkungan,”pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang ini. (panda)

Share this...
Print this page
Print