Workshop Foto Produk UMKM Kota Tangerang

oleh -

Samarata menggelar workshop foto produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) bersama Komunitas Taman Potret Kota Tangerang (Kotret) di panggung utama Festival Cisadane, Jumat (02/08).

Kegiatan itu dilakukan untuk mendukung program Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang serta membantu para pelaku usaha yang membutuhkan pengetahuan tentang Fotografi.

Ilmu fotografi ini nantinya
akan digunakan para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas foto produk.

Sebanyak 50 peserta workshop yang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari UKM
yang sudah lama memiliki usaha dan juga pemula.

“Selain untuk memeriahkan acara Festival Cisadane, kami dari Samarata ingin sekali membantu para pelaku usaha yang memiliki keterbatasan dalam mengolah sebuah foto produk
untuk usahanya. Karena menurut kami, pada era milenial ini sebuah kualitas foto untuk produk sangat penting dimiliki oleh para pelaku usaha,” jelas Zulaika selaku tim Samarata.

Para pemateri foto terdiri dari anggota Komunitas Taman Potret Kota Tangerang. Selain pelatihan tentang fotografi khususnya foto produk, pemateri juga memberikan pengetahuan
mengenai caption foto untuk sebuah produk. Selain itu, para peserta juga bebas menggunakan alat foto apa saja untuk workshop, bisa menggunakan kamera digital, kamera mirrorless atau
smartphone.

“Tidak hanya materi yang kita berikan, namun juga praktek secara langsung bagaimana teknik atau cara menggunakan kamera, atau belajar tentang pengambilan angle foto yang baik untuk produk. Dan agar lebih praktis, sebenarnya menggunakan smartphone. Jadi kita juga kasih tahu
bagaimana trik menggunakan smartphone untuk foto produk. Tak kalah penting adalah caption
yang dapat menjelaskan foto-foto tersebut,” jelas Fajar, anggota Kotret.

Selain workshop tentang foto produk dan caption, hasil praktek para peserta pun dilombakan.

Para peserta yang hadir, diberikan pula hasil foto terbaik dari produk-produknya yang dibantu oleh pemateri, tim Kotret dan Samarata.

“Dengan keterbatasan alat yang saya miliki, saya bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Saya hanya punya handphone saja untuk foto produk dan ketika mencetak stickeritu blur kualitasnya jelek,” tutur Tini Kuslaeni, salah satu perserta workshop.

Sebanyak 256 UKM di Kota Tangerang berpartisipasi dalam acara Festival Cisadane dengan berbagai
jenis produk, mulai dari makanan, minuman, pakaian, aksesoris dan juga produk handycraft.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang berharap kegiatan ini dapat memajukan UMKM di Kota Tangerang.
“Semoga dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan pemasaran produk para pelaku usaha melalui media-media online karena tampilan foto yang menarik. Dan juga semoga pelatihan yang diadakan Samarata dan Komunitas Taman Potret ini tidak berhenti sampai sini dan berlanjut ke depannya,” ujar Katrina Iswandari, Kepala Bidang UMKM (panda)

Share this...
Print this page
Print