Insiden Diluncurkan, Korban Kecelakaan Tak Perlu Ribet Urus Administrasi

oleh -

BPJS Kesehatan membuat Integrated System for Traffic Accidents (INSIDEN). Aplikasi ini dikembangkan bersama PT Jasa Raharja (Persero) sebagai upaya untuk memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengurus penjaminan korban kecelakaan lalu lintas. INSIDEN ini pun sudah diakui dan berhasil masuk dalam jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

“INSIDEN adalah wujud nyata sinergi yang terus menerus antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero). Aplikasi ini dibangun secara web based sehingga dapat diakses dengan mudah oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang memiliki koneksi jaringan internet,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan Dwi Ernawati.

Ia menambahkan, INSIDEN juga membawa banyak keuntungan. BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) bisa berkoordinasi lebih cepat. Pihak rumah sakit pun bisa memantau prosesnya sehingga lebih transparan. Semua informasi penjaminan dapat dengan mudah dimonitor pada menu yang telah disediakan.

“Kini dengan hadirnya aplikasi INSIDEN, proses penjaminan peserta JKN-KIS yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas pun menjadi kian mudah. Penjaminan menjadi lebih tepat dan akurat karena memiliki beberapa informasi yang memudahkan proses verifikasi di BPJS Kesehatan maupun Jasa Raharja sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Dwi.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala PT Jasa Raharja Persero Perwakilan Tangerang Darwin P Sinaga mengungkapkan, dengan aplikasi INSIDEN koordinasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan melalui aplikasi. Keluarga korban tidak perlu datang ke Kantor Cabang PT Jasa Raharja (Persero) dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

“Kami berterimakasih kepada BPJS Kesehatan, dengan sinergi yang baik kita semua bisa bersama mewujudkan komitmen, yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan INSIDEN, informasi tentang korban kecelakaan lalu lintas lebih awal kami terima. Hal ini tentu membuat penjaminan menjadi lebih cepat,” ungkap Darwin. (dauson)

Share this...
Print this page
Print