Puskesmas Karawaci Minta Buku Pink Dijaga

oleh -

Kesadaran ibu – ibu menjaga buku pemeriksaan kesehatan ibu dan anak (buku pink) masih minim di Kota Tangerang. Jika dibiarkan dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Hal tesebut terungkap saat petugas Puskesmas Cibodas melakukan imunisasi balai warga di RW 02 Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci Jumat (9/8/2019) pagi yang diikuti oleh 98 balita. Akibat tidak membawa buku pink, ada beberapa bayi tidak lengkap pencatatan imunisasinya.

Bidan Puskesmas Karawaci Sri Wahyuningsih mengatakan, sejatinya fungsi buku pink sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan balita serta kesehatan ibunya.

Dibuku tersebut, kesehatan bayi akan terpantau dan terdata pertumbuhan dan perkembangannya.

“Dengan buku tersebut, bayi sejak berada di dalam kandungan hingga lahir akan dipantau. Jangan sampai bukunya di corat – coret oleh anaknya ya bu,” ujarnya ketika ditemui, Jumat (9/8/2019).

Di buku tersebut, sambung Sri, ibu bayi juga diedukasi mengenai cara menjaga kesehatan dan merawat organ kewanintaan. Terlebih saat ini Pemkot Tagerang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk dapat melakukan pemeriksaan organ kewanitaan secara gratis.

“Merawat organ kewanitaan sangat penting, jangan sampai nanti terkena penyakit kanker serviks,” pungkasnya. (panda)

Share this...
Print this page
Print