Air Bercacing, Warga Buana Gardenia Resah

oleh -

Warga blok F Perumahan Buana Gardenia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang mendadak resah. Pasalnya, kemarau panjang yang melanda Kota Tangerang membuat air bersih milik warga bercampur dengan cacing sutera.

Bercampurnya cacing diair warga diduga karena tidak danya perawatan pipa dari PT Bintang Hiden Jaya selaku pihak ketiga pengelola air.

Salah seorang warga setempat Agus Saeful menjelaskan, insiden tersebut telah berlangsung sejak sebulan terakhir. Hampir semua warga mengalami kejadian serupa. “Hampir 70 % warga mengalami hal serupa,” ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Agus berharap, Pemkot segera memberikan kompensasi kepada warga sekitar. Mengingat pelanggan yang telah membayar kewajibanya. Agus menjelaskan, akibat kemarau panjang jumlah air yang keluar sedikit. Selain itu, sambung Agus, munculnya cacing membuat warga jijik menggunakan air PDAM. “Kami mohon hak kami di tuntaskan,” tambahnya.

Direktur PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Sumarya menjelaskan, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanannya bagi seluruh pelanggan dan warga Kota Tangerang.
Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan pencucian reserfoar dan pipa. Sumaryq mengaku, telah mengerahkan seluruh pekerja untuk membersihkan pipa. Namun, terbatasnya tenaga membuat pencucian belum maksimal. Terlebih jaingan pipa pipa yang luas. PDAM TB pun akan memberikan kompensasi berupa pemberian air tanki kepada masyarakat yang berdampak. “Secepatnya kita kerahkan truk tanki untuk bantuan air,” ucapnya.

Sumarya berharapkan upaya lain dari pemerintah pusat. Salah satunya melakukan hujan buatan di daerah hulu. “Dengan upaya tersebut kami mengharapkan masalah kemarau ini cepat teratasi,” pungkasnya. (panda)

Share this...
Print this page
Print