Kominfo Ajak Mahsiswa Bijak Gunakan Medsos

oleh -

Penggunaan media sosial di Kota Tangerang mendapat perhatian Dinas Komunikasi dan Informtika Kota Tangerang. Pasalnya, jika tidak bijak penggunaanya akan menimbulkan banyak kerugian.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Mualim di hadapan lima puluh mahasiswa. Di acara seminar jarimu harimaumu yang digagas oleh komunitas Taman Potrer ini.

Kabid Desiminasi Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kimunikasi dan Informtika Mualim menjelaskan, semua kalangan harus selektif ketika menggunggah konten. Dalam kesemptan tersebut mualim mengajak masyarakat untuk berperan dalam mengawasi konten-konten negatif di media sosial.

“Bila menemukan konten-konten negatif mengandung sara, segera laporkan ke Kominfo,” tegasnya.

Menurut Mualim, sejatinya penggunaan media sosial harus mengandung unsur informatif, inovatif dan jangan menyesatkan.

“Ibaratnya dalam media massa ada jajaran redaksional, jadi harus disaring dan diperiksa kembali. Kalau media sosial, pengguna akunnya harus menjadi redaktur,” tambahnya.

Ketua Kotret Adrianto mencontohkan, dari segi fotografi, bijak menggunakan medsos adalah tidak mengunggah dan menyebarluaskan foto yang mengandung unsur kekerasan dan SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan).

“Mulai dari sekarang, jangan menyebar foto peristiwa yang mengandung kekerasan, kecelakaan, korban-korban, karena efeknya buruk,” tuturnya. (panda)

Share this...
Print this page
Print