Ungkap Sejarah Makam di Lapas Wanita, Disbudpar Akan Datangkan Arkeolog

oleh -

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rina Hernaningsih langsung mendatangi Lapas Kelas II A Tangerang. Hal tersebut menyusul adanya temuan makam bersejarah yang berada di areal tersebut.

Kepala Bidang Budaya Disbudpar Kota Tangerang Sumangku Getar menjelaskan, latar belakang temuan tersebut bermula pasca dirinya melakukan kegiatan dialog dan jelajah budaya bersama komunitas melestarian cagar budaya Kota Tangerang, Kamis (22/8/2019) kemarin. “Saya temukan ini saat kegiatan jelajah budaya. Awalnya tertutup semak belukar, saat dibersihkan dan diperiksa ternyata ada bangunan menyerupai makam,” ujarnya ketik ditemui di Lapas Kelas II A Tangerang, Jumat (23/8/2019).

Sumangku menyakini, bangunan seluas 5×4 meter yang berada disebelah barat lapas merupakan peninggalan budaya era tahun 1700 an yang belum terekspose. Hal tersebut diduga berkaitan dengan keberadaan pintu air di kali mokervar yang berfungsi sebagai pengatur laluintas kapal ke dari dan menuju Tangerang. Sumangku mengaku belum mengetahui siapa sosok yang dimakamkan di lokasi tersebut.

“Ini kado istimewa untuk Kota Tangerang. Kami rencananya akan datangkan arkeolog beberapa hari kedepan untuk memeriksanya,” tambahnya pria yang bercita – cita menjadi seorang wartawan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Disbudpar telah mengambil sampel bebatuan untuk diteliti. Salah satunya bata berukuran panjang 26 cm lebar 12 cm dengan berat lebih dari 1 kg. ” Mudah -mudahan ini menjadi aset terbesar Kota Tangerang ya g harus dilestrikan. Pak Walikota sudah merespon ini. Ini aset besar, tidak ada alsan bagi saya untuk tidak mengawal ini,”pungkasnya. (panda)

Share this...
Print this page
Print