Rahmad Darmawan Latih Anak LP

oleh -

Pelatih klub Liga 1 TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan berkesempatan memberikan ilmu kepada anak didik Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang dalam sebuah coaching clinic di lapangan sepakbola LPKA Kelas I Kota Tangerang, Senin (26/8/2019) siang tadi.

Sebanyak 40 warga binaan lapas (lembaga permasyarakatan) khusus anak tersebut dibekali ilmu dasar sepakbola, termasuk teknik dasar bermain selama 2 jam lebih. Dalam kesempatan itu juga mereka mendapat motivasi khusus dari RD, begitu sapaan sang pelatih.

“Menurut saya, memberikan coaching clinic ini bagian dari memberi motivasi kepada mereka. Tidak seperti anak-anak lain, saat masa berkembang mereka harus melalui cobaan,” ujar Rahmad Darmawan saat ditemui.

Mantan pelatih tim nasional Indonesia U-23 ini juga mengaku bangga dapat melatih anak didik Lapas untuk dapat mewujudkan mimpi mereka menjadi pesepakbola profesional. “Tetapi buat saya ini hal yang bagus untuk mereka. Saya pribadi merasa bangga bisa sedikit memberikan ilmu kepelatihan saya,” imbuhnya.

Selama kegiatan, RD mengaku dapat melihat bakat tersembunyi dari anak-anak yang ikut serta. Bukan tak mungkin, pesepakbola masa depan lahir dari Lapas ini. “Kami bisa melirik talenta-talenta dari sini karena saya lihat mereka punya bakat,” tutur RD lagi.

Kedatangan Rahmad Darmawan diketahui merupakan bagian dari program mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya yang bekerjasama dengan rumah produksi film ‘Pemburu di Manchester Biru’. Produser film Reza Hidayat yang didampingi dosen Universitas Prasetiya Mulya Neki Reinarto menuturkan, kegiatan semacam ini adalah bagian dari aktivasi jelang dirilisnya film pada November 2019 mendatang.

“Film bercerita mengenai putra terbaik Indonesia yang ingin memperjuangkan mimpinya hingga bisa bekerja di salah satu klub besar dunia, Manchester City. Karena cerita dasar film itu, kami juga harus menularkan ide-ide dan semangatnya ke semua lapisan anak-anak muda,” kata Reza.

Sementara itu, selaku tuan rumah, Kepala Seksie Pembinaan Herti Hartati beserta Kepala Subsie pendidikan dan latihan kerja LPKA Kelas I Tangerang Bergy Riyadi mengatakan pihaknya sangat senang atas kedatangan RD dan Reza yang memberi semangat baru kepada para anak didik lapas. “Mereka baru pertama kali dilatih langsung oleh pelatih sekelas Rahmad Darmawan,” ucap Bergy.

“Tentu acara seperti ini mendukung perkembangan anak didik Lapas dalam menumbuh kembangkan minat dan bakat serta potensinya untuk menjadi lebih profesional kelak setelah kembali ke lingkungan masyarakat,” ucap staf pendamping olahraga LPKA Kelas I Tangerang Andri Ferly menimpali. (panda)

Share this...
Print this page
Print