,

Dinkes Sebut Operasi Kedua Bayi Kembar Siam Dijamin BPJS Kesehatan

oleh -

 

TANGERANG  Bayi kembar siam Ardi Firdaus dan Ardan Firdaus medapat perhatian dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Pasalnya, Dinas Kesehatan siap memfasilitasi operasi pemisahan kedua bayi terseut.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspa Dewi  menjelaskan, pihaknya baru mengetahui kondisi kedua bayi tersebut pasca mendapat pelayanan dari Puskesmas setempat. Liza menjelaskan,  penanganan masalah tersebut memerlukan perhatian banyak pihak. Antara lain pemerintah, swasta maupun masyarakat. Penyebabnya lantaran pemerintah tidak dapat bekerja sendiri.

 

“Pemerintah kan sudah menjaminkan masyarakat Kota Tangerang di JKN. Jumlahnya ada 360 jiwa yang sudah dijaminkan. Keduanya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” ujarnya ketika ditemui di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (6/9/2019).

 

Liza menjelaskan, saat ini pihak pemkot telah berkoordinasi dengan RSCM, RS Harapan Kita, dan Kementerian Kesehatan untuk mengetahui apa saja hak yang diperoleh kedua anak dari pasangan Hesti Novianti dan Berry ini. “BPJS Kesehatan menjamin semuanya kok,” tambahnya.

 

Menurut Liza, penyebab besarnya biaya operasi disebabkan karena  banyaknya unsur yang dilibatkan. Sedikitnya ada 50 orang akan dilibatkan dalam operasi pemisahan bayi tersebut. Selain itu, butuh waktu lama untuk memisahkan keduanya, mengingat bayi tersebut hanya memiliki satu hati, “ Kemungkinan akan memakan waktu berjam jam untuk operasi. (panda)

 

Share this...
Print this page
Print