Begini Cara DKP Sejahterakan Peternak Ikan Hias

oleh -

TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang bersama Asosiasi Ikan Hias Kota Tangerang (ASISTA) mengelar kontes ikan cupang bersekala nasional di pusat perbelanjaan TangCity Mall 21-22 September mendatang. Warga Kota Tangerang pun dapat secara langsung menyaksikan secara langsung berbagai keindahan dan nyali berbagai jenis ikan cupang.

Kepala Seksi Produksi Perikanan dan Peternakan Kesehatan Hewan Kota Tangerang dr. Wina Listiana mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk 0mempromosikan hasil budidaya ikan hias di Kota Tangerang. Terlabih, saat ini tedapat 150 peternak yang aktif membudidaya ikan cupang di Kota Tangerang. “Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi kami untuk para peternak,” ucapnya, Jumat (20/9/2019).

Wina mennatakan, potensi sektor ikan hias khusunya cupang di Kota Tangerang sangat besar. Bahkan, beberapa negara tetangga sudah mengakui dan sering melakukan pembelian. Antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Amerika. “Negara yang rutin menjadi tujuan ekspor ikan hias asal Kota Tangerang adalah Thailand dan Singapura,” tambahnya.

Data yang diperoleh, hingga H-1 sebelum even berlangsung sudah 100 peserta yang sudah melakukan pendaftaran. Ada sekitar 500 ikan yang akan ikut lomba. Adapun jenis ikan cupang yang akan tampil diantaranya, Serit, Halfmoon, Plakat, Giant, Baby, Double Tail. Adapun katagori penilaian meliputi dorsai, ekor, sirip bawah, dasi, sirip renang, badan mulus, dan mental. Pecinta hias pun dapat berpartisipasi selama even tersebut berlangsung.

Menurut Wina, pelaksanaan even tersebut mampu menarik antuasia masyarakat. Tidak hanya dari Kota Tangerang, peserta lomba juga banyak berasal dari luar. “Antuasianya sangat tinggi. Tidak hanya dari Jabodetabek, peserta juga ada yang berasal dari Malang, Semarang, Jogja, Pontianak, Samarinda dan Manado,” pungkasnya. (panda)

 

 

Share this...
Print this page
Print