Cegah Kebakaran, BPBD Imbau Warga Tidak Bakar Sampah

oleh -

Rendahnya curah hujan membuat wilayah Kota Tangerang rawan kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Kota Tangerang pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan segera mengubungi BPBD jika menemukan potensi kebakaran.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasional BPBD Kota Tangerang Anwarudin mengatakan, lokasi kebakaran didominasi terjadi lahan kosong dan permukiman warga. Penyebabnya karena human error atau kelalaian manusia.
” Berdasarkan catatan kami selama priode Juli – September 2019 sebanyak 100 kali kejadian kebakaran. Penyebabnya sendiri adalah human error, bakar – bakar sampah dilahan kosong sehingga api tersebut membesar,” ujar, Rabu (25/9/2019).

Dari data tersebut, sambung Anwar, kebakaran pada bulan Juli sebanyak 36 kejadian, bulan Agustus 32 kejadian dan September 32 kejadian. Selin itu, wilayah kebakaran didominasi berada diwilayah Kecamatan Cibodas dan Kecamatan Karawaci. “Didua kecamatan tersebut didominasi oleh kasus terbakar lahan kosong,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anwar mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk tetap waspada dalam menghindari kebakaran dan tidak membakar sampah sembarangan sehingga hal itu bisa memicu kebakaran.

“Diimbau warga agar tidak membakar sampah sembarangan, jangan membuang puntung rokok sembarangan dan jangan membuat sampah ditempat yang mudah terbakar,” tandasnya. (panda)

Share this...
Print this page
Print