,

Siswa SMP Jatiuwung Jadi Jawara di Malaysia

oleh -

TANGERANG – Aidil Akbar Afandi (14), penjaga gawang kesebelasan Indonesia Junior League (IJL) Elite mengharumkan nama Kota Tangerang dikancah internasional. Siswa kelas IX E SMP PGRI Jatiuwung bersama timnya menjadi jawara kejuaraan Borneo Footbal Cup U 14 di Malaysia.

Pada kejuaraan yang dilaksanakan 1-7 Oktober, Negara Philipina dibuat bertekuk lutut dengan skor akhir 1-0 di pertandingan final. Bahkan tuan rumah Malaysia pun tidak mampu menandingi kekuatan garuda muda. Aidil mengatakan, kecintaannya terhadap sepak bola sudah berangsung sejak usia 11 tahun. Saat itu ia kerap diajak ayah dan kakaknya Andri Yulianto pemain liga III kesebelasan Putra Tresna Bali berlatih. “Saking seringnya diajak latihan lama – lama jadi suka sama sepak bola,” ucapnya ketika ditemui bersama Wali Kelasnya Susi Hermawati, Senin (7/9/2019).

Menurut anak dari pasangan Surdi dan Piah Novianti ini, pertandingan tersebut memberikan pengalaman pertama yang berarti baginya karena dapat bepergian keluar negeri.  Usai pertandingan, ia pun harus kembali bersekolah untuk mengikuti ujian tengah semester.  “Tidak ada kiat khusus. Jalani saja. Orang tua justru mendukung untuk saya bertanding ke luar negeri,” tambah bocah asal Kampung Gembor Rt 03 Rw 06, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang yang bercita-cita menjadi pemain Persib Bandung ini .

Wali Kelas IX E SMP PGRI Jatiuwung Susi Hermawati mengaku, keseharian Aidil sama dengan anak didik lainnya. Namun, adanya prestasi tingkat internasional yang disandangnya membuatnya berbeda dari siswa lainnya. “Semua mata pelajaran diikuti dengan baik. Kalaupun ada yang bentrok (jadwal mata pelajaran-red) saya selalu menginatkan untuk belajar. Karena tugas Aidil kan sekolah dan belajar dikelas,” ucapnya seraya berharap keahlian Aidil mengolah kulit bundar meningkat .

Kepala Sekolah SMP PGRI Jatiuwung Ahmad Dasuki mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pengembangan program ekstrakulikuler guna meningkatkan keterampilan siswa. Khusus apresiasi, sambung Dasuki, pihaknya telah mempersiapkan hadiah untuk Aidil. Namun ia enggan membocorkan besarannya. “Dengan langkah ini diharapkan, motivasi siswa meningkat untuk berprestasi,” pungkasnya.

Share this...
Print this page
Print