Daftar Pilkada, Kepsek Ini Malah Puja-puji Airin

oleh -
Kepala SMPN4 Kota Tangsel Rita Juwita (berjilbab kuning) saat mengisi pendaftaran di kantor DPC PKB, di Vila Pamulang.

Ada yang menarik dalam proses penjaringan calon walikota/wakil walikota Tangsel yang saat ini digelar DPC PKB. Mulai dari sajian makanan yang disajikan panitia penjaringan hingga komentar bakal calon walikota.

Soal makanan, panitia menyediakan menu yang sangat nusantara. Seperti sayur asem, ikan mas, hingga sayur tahu, ditambah sambal goreng yang cukup mengugah rasa. Selain daftar sajian makanan, komentar bakal calon yang cukup menggelitik. Ya, ini berkaitan dengan visi dan misi kenapa mau maju dalam pilkada.

Salah satu komentar menggelitik itu keluar dari mulut Rita Juwita. Kepala SMPN4 Kota Tangsel ini selalu memuja muji Walikota Airin Rachmi Diany saat ditanya motivasi mau nyalon. “Sekarang sudah sangat baik program walikota Ibu Airin. Maka itu ingin diteruskan,” katanya memulai pembicaraan.

Ditanya apa itu programnya, ia hanya tersenyum. Berfikir sebentar, Rita mengungkapkan infrastruktur sudah sangat bagus. Jalan-jalan bagus dan lain sebagainya.

Mengenai jalan yang mana, ia tidak bisa menjawab. Pokoknya program yang kini dijalankan sudah baik dan perlu dilanjutkan. “Wah sudah banyak program yang sudah dibuat walikota. Saya lupa. Namun yang pasti infrastruktur, pendidikan, kesehatan sudah pada arah yang tepat,” ujarnya.

Pegawai negeri yang akan pensiun Desember mendatang ini mengatakan, keinginan untuk maju didasarkan atas dukungan keluarga dan orang-orang terdekat. Lantaran purna tugas tinggal beberapa bulan lagi, teman-teman menyarankan kenapa tidak ikut perhelatan pilkada. Ini sebagai ladang pengabdian baru. Apalagi puluhan tahun bertugas di dunia pendidikan tentunya ada banyak yang perlu diperbaiki.

“Saya sudah lama menjadi kepala sekolah. Sedikit banyak mengerti pendidikan. Makanya yang kurang dalam pendidikan harus diperbaiki,” ujarnya.

Disinggung apa yang kurang dari pendidikan, ia enggan menjawab. Cukup lama ia berfikir hingga keluar kata-kata, soal perbaikan pendidikan saat ini tengah dirumuskan.

Rita lalu bicara soal olahraga yang menurutnya harus terus digalakkan. Soalnya dengan badan yang sehat akan tercipta otak yang cerdas. Jabatan sebagai KONI Tangsel membuat Rita harus mensosialisasikan program olahraga. Meskipun program ini jarang menjadi unggulan karena kalah mentereng dibanding yang besar-besar. Seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan. Lagi-lagi saat ditanyakan apa program olahraga, Rita belum bisa menjawab. Ia hanya mengatakan akan memasyarakatkan olahraga.

“Pokoknya olahraga harus bisa dimanfaatkan agar tercipta jiwa yang sehat dan raga yang kuat,” katanya mengakhiri pembicaraan. (dawson)

Share this...
Print this page
Print