Untuk Kepentingan Umum

Kemenko Kemaritiman Perkenalkan Masyarakat Tangerang Jalur Rempah Dunia

Diresmikan : Ketua Kelompok Kerja Budaya Maritim Doris Panjaitan (Tiga dari kanan) bersama Kepala OPD Kota Tangerang membuka spice route culture indonesia 2019, Selasa (27/10/2019) 

 

TANGERANG – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia menggelar spice route culture indonesia 2019. Even yang dilaksanakan di Transmart Kota Tangerang 29-31 Oktober ini menampilkan berbagai berbagai produk UMKM khas dari Kota Tangerang.

Selain produk UMKM, even tersebut juga menampilkan pagelaran busana batik nusantara dan seminar mengenai rekam jejak perjalanan rempah- rempah di Indonesia. Hadir diacara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Masyati Yulia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rina Hernaningsih, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Herman Suwarman, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Engkos Zarkasy.
Ketua pembina spice route culture indonesia Doris Panjaitan mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi masyarakat akan adanya sejarah jalur perdagangan rempah. Dimana proses penyebaran rempah berkaitan erat dengan ​adanya ​perahu bercadik​ di Indonesia. BPPT dan LIPI pun turun langsung meneliti keberadaa jalur tersebut. ” ini merupakan​ komitmen bagi sebagai negara kepulauan​. Yang meyangkut budaya maririm itu harus sungguh​-​sungguh​,” ucap adik kandung Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan ini, Selasa (29/10/2019)​
Kepala Bidang Penguatan Bangsa Maritim Kemenko Kemaritiman Ardiyansyah mengatakan, adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2017 membuat budaya maritim menjadi pilar terpenting poros maritim dunia. Menurutnya, kejayaan perdagangan rempah harus kembali menjadi kebanggaan​ bangsa​ Indonesia​.“Indonesia berjaya karena rempah dan menjadi rebutan bagi negara eropa. Indonesia berjasa pada perdagangan rempah karena menjadi jalur rempah dunia. Sektor rempah harus dikawal mulai dari industri kecil hingga pemasarannya,” pungkasnya. (panda)
Golkar Kota Tangerang
Berita Lainnya