Rajin Minum Kopi Turunkan Resiko Kanker

oleh -
Ilustrasi

Rajin minum kopi ternyata banyak manfaatnya, loh. Kopi dipercaya dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan jika diminum dengan cara dan pada waktu yang tepat. Kali ini, minum kopi dikatakan bisa menurunkan risiko kanker hati.

Dilansir Jawapos.com, Selasa (12/11), menurut penelitian di Queen’s University Belfast, Irlandia Utara, mengungkapkan, minum kopi dapat mengurangi risiko hepatoseluler karsinoma (HCC), yaitu jenis kanker hati yang paling umum. Para peneliti mengatakan bahwa pengaruh baik ini dikarenakan tingginya tingkat antioksidan dalam kopi.

Untuk tujuan penelitian, para peneliti menganalisis kebiasaan minum kopi dari 471.779 peserta paruh baya di Inggris selama 7,5 tahun. Menurut mereka, itu adalah salah satu studi pertama yang menyelidiki risiko kanker hati setelah minum berbagai jenis kopi.

Sebelum mengambil kesimpulan, para peneliti telah mempertimbangkan semua faktor minum kopi. Hingga akhirnya menyimpulkan, peminum kopi memiliki peluang risiko 50 persen lebih rendah terkena HCC dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Namun sisi lainnya, para peneliti juga melihat tren peminum kopi lebih cenderung dibarengi dengan merokok dan masalah tukak lambung dibandingkan dengan peminum non-kopi. Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut guna untuk mengetahui alasan biologis di balik hubungan antara kopi, antioksidan dan kafein, serta faktor lainnya yang dapat melindungi dari kanker.

Bukan hanya kopi, nutrisi memainkan peran penting dalam mencegah penyakit salah satunya kanker. Peneliti Amerika dan Cina, dalam penelitian observasional, melihat bahwa diet makanan gandum dapat dikaitkan dengan risiko kanker hati yang lebih rendah.

Studi ini dipublikasikan dalam JAMA Oncology. Lalu peneliti laim dari Fakultas Ilmu Pertanian, Konsumen, dan Lingkungan Universitas Illinois mengatakan bahwa memasukkan brokoli dalam makanan dapat melindungi dari kanker hati, kanker payudara, prostat, dan usus besar. (jp/daw)

Share this...
Print this page
Print