Belasan Etnis Ramaikan Pesta Budaya Batak

oleh -

 

TANGSEL –  Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan menghadirkan kegiatan berupa Acara Budaya yang dikhususkan untuk Budaya Batak yang dikemas dalam bentuk pameran dan pertunjukan seni budaya, Pasar Rakyat, Kegiatan Galang Dana dan puncaknya Pesta Budaya Batak.

Acara ini akan dihadiri oleh ribuan masyarakat Tangerang Selatan dan Jabodetabek, dengan di ikuti oleh berbagai UMKM dan perusahaan swasta dengan berbagai kegiatan dan promosi yang menyemarakkan Pesta Budaya Batak 2019.

Pesta Budaya Batak 2019 ini juga bisa ditargetkan menjadi salah satu acara budaya terbaik untuk membangkitkan semangat dalam melestarikan serta mengenalkan budaya Batak kepada generasi penerus bangsa sehingga identitas kerukunan bermasyarakat dan kepribadian bangsa yang kuat, kehadiran masyarakat Tangerang Selatan dan masyarakat Batak Jabodetabek.

Dengan adanya Pesta Budaya Batak ini diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat khususnya Etnis Batak yanga da di perantauan dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional Batak dan juga mengenalkan kepada generasi muda seni budaya leluhur sebagai identitas yang mempererat rasa kebangsaan dalam kerukunan bermasyarakat.

Acara yang dihelat di Jaletreng dilakukan dalam rangka menyambut HUT Tangsel  ke 11 tahun berlangsing cukup meriah.

Hadir diacara tersebut Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid, Wakil Ketua DPRD Iwan Rahayu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kadispora Tangsel Dadang Sopyan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Dadang Sopyan menjelaskan festival Batak ini menjelaskan kalau kota ini heterogen yang terdiri dari pelbagai suku bangsa. Dengan adanya gelaran ini juga semakin menunjukkan indentitas Tangsel masyarakatnya yang sangat plural. Diharapkan festival jadi ajang yang mengeratkan seluruh elemen bangsa. Apalagi kegiatan ini bukan kali pertama digelar. Dimana tahun lalu ajang serupa juga sukses dilaksanakan.

“Nah, festival ini bagian dari rangkaian HUT Kota Tangsel yang ke 11. Kita ingin agar dengan perayaan hari jadi kota Tangsel bisa semakin cerdas, modern, dan religius,” imbuhnya, Sabtu (16/11/2019)

Ketua panitia HUT Tangsel Rahmad Salam mengatakan, kegiatan yang dikolaborasikan bersama dengan HUT Tangsel ini rutin dilakukan setiap tahunya. Rahmad mengatakan, kegiatan tersebut juga bertujuan merawat kebhinekan dan keberagaman di Tangsel ya g sudah lama terjalin.  “Ini sudah yang ketiga kalinya. Ini merupakan tugas seluruh elemen masyarakat untuk merawat kebhinekan,” ucapnya.

Pembina Perkumpulan Masyarakat Batak, AKBP Ferdy Irawan menjelaskan, Masyarakat Batak merupkan salah satu komponen keberagaman di tangsel. Ia pun mengajak seluruh anggota perhimpunan untuk bersama mendukung pembangunan Pemkot Tangsel. “Kita sama sama berharap eksiatensi dab kontribusi masyarakat Batak di Tangsel tetap terlihat. Kita tunjukkan hal yang positif untuk membantu pemda melakukan pembangunan,” ucapnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata keberagaman di Kota Tangsel. “Kalau mau lihat Indonesia datang ke Tangsel. Ini merupakan represenasi dari pancasila,” pungkas mantan Camat Ciledug ini. (adv)

Share this...
Print this page
Print