IKEI Beri Pelatihan dan Sertifikasi Operator Genset Gelombang 2

oleh -

IKEI (Ikatan Engeneers Indonesia) menggelar pelatihan dan pemberian sertifikat operator PLTD/Genset Gelombang 2.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu (16-17/11), di Hotel Ibis, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut diikuti 31 operator dengan asesor dari PT Sertifikasi Kompetensi Mandiri.

Salah satu peserta, Usep Saparudin mengaku bersyukur bisa mengikuti pelatihan. Apa yang didapat ilmunya sangat bermanfaat. “Misalnya kita saat ada masalah di lokasi maka langsung ada solusinya,” katanya.

Usep mengikuti pelatihan mewakili RSU Kabupaten Tangerang. Sebanyak 2 orang termasuk dirinya menjadi peserta pada kegiatan ini. Dari 6 operator genset yang ada di RSU baru 4 operator yang sudah besertifikat.

Ketua IKEI Agus Salim mengatakan, pelatihan operator hari ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya telah digelar bulan September. “Diharapkan banyak operator yang memiliki sertifikat,” katanya.

Agus mengungkapkan, adanya pelatihan ini juga bisa meningkatkan kualitas SDM hotel. Sehingga kunjungan meningkat. Selain itu ada penghargaan profesi mereka dari masyarakat.

Ke depan, kata Agus, pemerintah agar memfasilitasi kegiatan ini. Ini karena keberadaan operator-opeartor genset sangat membantu keberlangsungan kelancaran hotel dan gedung.

Sementara, Dityo Pramono, Assesor Kompetensi dari PT Sertifikasi Kompetensi Mandiri mengutarakan dalam dua hari ini, peserta mengikuti ujian berupa ujian tertulis (teori) dan ujian praktek. Untuk assesornya berjumlah tiga orang.

Pelatihan dan sertifikasi memiliki dasar hukum antara lain; UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, UU No. 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan, Permen SDM RI No.5 /2014 Pasal 25 tentang Tenaga Teknik Ketenagalistrikan dan Permenaker RI No. 38 Tahun 2018 tentang Akreditasi dan Sertifikasi Listrik. (is)

Share this...
Print this page
Print