Kampung Tematik di Karang Tengah Amalkan Nilai-nilai Pancasila

oleh -
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (dua kiri), didampingi Camat Karang Tengah Matrobin (kiri), saat meresmikan berdirinya Kampung Pancasila beberapa waktu lalu.

Di Kecamatan Karang Tengah sekarang telah berdiri Kampung Tematik Teras Pancasila. Berdirinya kampung tersebut diresmikan oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah. Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Arief berharap agar warga Kampung Tematik Teras Panxasila dapat mengamalkan nilai-nilai setiap sila dari Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Seperti Pancasila yang tadi dibacakan adik-adik, tentu itu menjadi pondasi pembangunan dan kemajuan suatu daerah. Khususnya Kota Tangerang,” kata Arief, di Kampung Tematik yang berada di RW 15, Kelurahan Karang Tengah.

Ia menekankan, supaya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mampu membawa masyarakat ke dalam satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sila pertama tentang ketuhanan, hingga sila ke lima tentang bagaimana membangun keadilan sosial,

“Terbukti dengan dijalankannya nilai-nilai Pancasila, kampung ini bisa tertib, rapi dan aman,” tutur Arief. Ia menambahkan, segala yang telah dibangun oleh warga tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun dibutuhkan kerja keras dan gotong royong bersama dari seluruh warga selama tiga tahun.

“Sekarang bersih, indah, sehat, mudah-mudahan bisa terus dinikmati hingga anak cucu kita. Dan bisa menjadi inspirasi serta motivasi bagi kampung lain untuk berbenah,” harapnya.

Sementara itu Camat Karang Tengah Matrobin menerangkan, Teras memiliki kepanjangan Tertib, Rapi Aman RW 15.

Ia menerangkan, Kampung Teras Pancasila tercetus dari obrolan sesama warga. “Salah satu warga ada yang mencetuskan ingin membangun Kampung Pancasila. Karena memang di Kota Tangerang belum ada Kampung Pancasila,” terangnya.

Kampung Tematik Teras Pancasila tambah Matrobin, dibentuk dari kesadaran masyarakat sendiri. Bahkan di kampung itu sekarang sudah ada empat tugu Pancasila.

“Melalui kesadaran masyarakat itulah, sekarang ini tidak hanya tugu Pancasila yang dibangun, tapi juga kebersihan dan keindahan kampung turut dibentuk,” jelasnya.

“Sementara saat ini ada empat tugu. Ke depan akan kami bangun satu tugu lagi. Semoga dengan adanya Kampung Teras Pancasila, dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” terangnya.

Sedangkan Miasan, Ketua RW 15 Kelurahan Karang Tengah menuturkan, bila sebelumnya RW 15 termasuk dalam kategori kampung kumuh. Namun usai mengikuti Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan Pemkot Tangerang, wajah kampung perlahan mulai berubah.

“Kami ajak seluruh warga bergotong royong dan mengubah mindset dalam membangun kampung ini. Ternyata hanya dengan bermodalkan itu, kampung kami berubah menjadi bersih dan sehat. Bahkan menjadi Juara 1 Kampung PHBS Tingkat Kota Tangerang,” tukasnya. (adv)

Share this...
Print this page
Print