Dinas PUPR Kota Tangerang Bakal Pasang Mesin Penyedot Air di Ciledug

oleh -

Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kota Tangerang bakal memasang mesin pompa penyedot air di Kampung Rawa Sepat, Kelurahan Peninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, awal Desember 2019 ini.

Pemasangan fasilitas itu untuk mencegah banjir di wilayah tersebut di kala musim hujan. Sedangkan musim penghujan sebentar lagi tiba.

Rencana pemasangan mesin pompa penyedot air itu disambut gembira sejumlah warga. Pasalnya lingkungan tidak terdampak banjir lagi.

Adapun Kampung Rawa Sepat yang kerap banjir saat musim penghujan di lingkungan RT 02/04, RT 01/08, dan RT 04/08. Banjir lantaran kiriman air dari saluran di Peninggilan Selatan.

Warga setempat, Haji Jasiman mengatakan, untuk mencegah banjir warga telah melakukan berbagai upaya yang didukung Pemerintah Kota Tangerang. Seperti membuat biopori, meninggikan badan jalan permukiman, dan membersihkan saluran air.

Kemudian instalasi pipa untuk pembuangan air banjir juga telah dipasang Dinas PUPR kurang lebih 400 meter.”Kini kami senang banget karena mesin pompa penyedot air sebentar lagi dipasang,” katanya saat ditemui di lokasi, Rabu (27/11)

Senada dengan Supangat. Masih warga setempat. Menurutnya, pemerintah pasti memasang pompa mesin penyedot air di sini. Itu lantaran untuk mencegah banjir di wilayah ini. “Kami juga merasa senang karena nanti bebas banjir,” katanya.

Setidaknya dengan tak banjir lagi maka pekerjaan warga menguras air banjir di setiap rumah juga hilang. Sementara bila banjir sebanyak 300 KK warga di sini terdampak banjir setinggi 70 cm.

Pantauan Respublika di Kampung Rawa Sepat nampak sejumlah petugas dari Dinas PUPR Kota Tangerang memasang tiang besi PLN. Tiang yang berada di halaman masjid itu untuk penyanggah panel listrik yang nanti tersambung ke mesin pompa penyedot air.

Sementara itu, Kabid Tata Air pada Dinas PUPR Kota Tangerang Fachri Wahyudi mengatakan, mesin pompa penyedot air untuk di wilayah Kampung Rawa Sepat dalam proses pengiriman. Bila sudah tiba bisa langsung dipasang. Akhir Desember diharapkan sudah bisa beroperasi. “Harapan kami saat hujan tak banjir lagi,” katanya.(adv)

Share this...
Print this page
Print