Untuk Kepentingan Umum

Banjir Cilegon, PLN Hentikan Operasional Gardu Sementara

39

 

Tangerang- PLN tidak dapat mengoperasikan Gardu Distribusi Listrik di lokasi yang mengalami banjir di daerah Cilegon Banten. Dari 122 Gardu yang dipadamkan sampai Senin malam berhasil menyalakan 89 Gardu dan masih ada 33 gardu belum dapat dioperasikan.  Hal ini sebagai upaya menghindari bahaya karena banjir yang meluap tinggi merendam perumahan dan beberapa jaringan listrik PLN.

 

“Untuk menghindari bahaya tersengat listrik karena instalasi yang terendam banjir, maka PLN harus mematikan jaringan listrik yang ada dilokasi banjir di daerah Cilegon” tutur Eman, Manager Komunikasi PLN UID Banten.

 

Sampai saat ini banjir di Kota Cilegon berada di 2 wilayah yaitu Kecamatan Jombang kelurahan Panggunrawi Perumahan Metro, Kampung Pecek, Perumahan Taman Raya. Aliran listrik di wilayah ini disuply dari Penyulang Kuningan GI Cilegon Lama Trafo 2 dengan 52 Gardu Distribusi. Ke 52 Gardu tersebut sempat dipadamkan akibat banjir namun saat ini sudah normal 25 Gardu , dan masih padam 27 gardu. Selain itu, oemadamn juga terjadi Kecamatan Purwakarta Kelurahan Purwakarta dan Kelurahan Kebon Dalem, listrik di wilayah ini  disuply dari Penyulang Kanvas GI Cilegon Baru Trafo 2 dengan 70 Gardu Distribusi.  Ke 70 gardu tersebut sempat dipadamkan akibat banjir ,  namun saat ini sudah normal 64 gardu, sisa 6 gardu masih padam akibat terendam banjir.

 

Hujan deras yang turun sejak Senin pagi tanggal 04 Mei 2020 mengakibatkan terendamnya beberapa lokasi di daerah cilegon terendam air bahkan sampai ke jalur Tol Jakarta Merak. Kondisi seperti ini petugas PLN masih siaga dan belum dapat mengoperasikan Gardu Distribusi secara keseluruhan karena beberapa jaringan dan instalasi listrik di rumah pelanggan masih terendam banjir.

 

“Jika banjir sudah surut maka aliran listrik dapat dihidupkan kembali, namun harus dipastikan bahwa instalasi dan jaringan listrik tersebut sudah aman untuk dialiri listrik” tambah Eman.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...