Untuk Kepentingan Umum

Ribuan Calon Haji asal Tangsel Batal Berangkat

27

Sebanyak 1.285 calon Jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) batal berangkat menunaikan ibadah haji.

Ribuan jamaah tersebut adalah jumlah dari keseluruhan calon haji yang berhak berangkat pada tahun 2020.

Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel Abdul Rojak mengatakan, pembatalan keberangkatan warga di kota berjuluk cerdas modern tersebut menyusul dikeluarkannya keputusan Kemenag RI, yang dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020, lantaran pandemi Covid 19 yang masih melanda di hampir seluruh belahan dunia.

“Sesuai keputusan Menteri Agama, ada 1.285 jamaah haji yang berhak berangkat tahun 2020 batal berangkat, ditunda nanti tahun 2021,” kata Rojak saat dikonfirmasi Respublika.id, Rabu (3/6/2020).

Rojak mengungkapkan, keputusan yang diambil pihak kementerian disebabkan lantaran dimasa pandemic Covid 19 ini, Kemenag RI mengaku belum mendapat kapastian dari Kerajaan Saudi Arabia meskipun dari pihak penyelenggara haji Indonesia sudah beberapa kali mengirimkan surat perihal penyelenggaraan haji tahun 2020.

“Pemerintah sudah mengirimkan surat perihal penyelenggaraan haji tahun ini, namun sampai sekarang belum dapat jawaban dari pemerintah Saudi, sementara 24-25 Juni dijadwalkan sudah harus mulai pemberangkatan, dan masyarakat juga minta kepastian, persiapannya terlalu dekat, pemerintah juga keteter. Jadi pemerintah ambil sikap untuk membatalkan,” ungkapnya.

Sementara, untuk teknis pemberangkatan tahun 2021, Rojak menuturkan masih menunggu keputasan dari Kemenag RI.

Dia mengimbau, seluruh calon jamaah haji asal Tangsel agar menerima keputusan pembatalan. Sebab menurutnya, keputusan yang diambis sudah tepat dalam rangka menjaga Kesehatan, keselamatan dan keamanan para jamaah.

“Saya berharap seluruh calon jamaah haji Tangsel untuk menerima keputusan pembatalan berangkat Haji ini, karena ini keputusan yang tepat dalam rangka menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan jamaah Haji. Dan saya berharap para jamaah haji untuk tetep menjaga kesehatan dan senantiasa bersabar serta bertawakal kepada Allah agar diberikan umur yang panjang sehingga bisa berangkat Haji tahun depan,” pungkasnya. (Ari)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...