Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Pemkot Tangsel Segera Revitalisasi Pasar Ciputat

Pasar dengan luas bangunan 5.670 meter persegi itu nantinya akan terdiri dari dua gedung yang memiliki sekitar 650 pedagang dengan berbagai komoditas.

Kepala Disperindag Kota Tangsel Maya Mardiana mengatakan, revitalisasi pasar Ciputat diperkirakan akan dimulai pada bulan Agustus atau September 2020.

Sebagai salah satu pasar rakyat terbesar di Tangsel, keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga diperlukan revitalisasi yang nantinya akan disesuaikan dengan konsep pasar rakyat modern sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Oleh karena itu, revitalisasi ini dilakukan nantinya akan disesuaikan dengan konsep pasar rakyat yang modern dan sesuai dengan SNI Pasar,” kata Maya, Rabu (24/6/2020).

Selain itu, Maya mengungkapkan, pasar yang diserah terimakan oleh Pemkab Tangerang 2016 lalu tersebut kondisinya memang sudah harus dilakukan perbaikan berat. Dimana, kata dia, dari tiga lantai bangunan yang ada, hanya lantai dasar saja yang dipenuhi pedagang.

“Karena kondisinya yang memerlukan perbaikan berat. Nanti desainnya akan dibuat untuk memudahkan pengakutan barang ke lantai atas, kemudian fasilitas umumnya seperti saluran air, saluran pembuangan, instalasi listrik, sarana penunjang mushola dan ruang lakstasi serta sarana prasarana lainnya,”ungkapnya.

Demi kelancaran proses revitalisasi, Maya menuturkan diperlukan pengosongan pasar agar kualitas bangunan, efektivitas serta efisiensi waktu pengerjaan bisa lebih optimal.

Sementara, untuk relokasi pedagang, kata Maya, Plaza Ciputat menjadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

“Sesuai usulan dan harapan pedagang untuk relokasi ditempat yang tidak jauh dari lokasi awal, dengan mementingkan unsur kenyaman dan tetap mudah diakses konsumen atau pelanggan. Maka lokasi Plaza Ciputat menjadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut,”tuturnya.

Maya menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi yang dilakukan dengan beberapa tahap dikarenakan untuk memenuhi protokol covid 19, baik kepada para pedagang, masyarakat sekitar.

“Diharapkan dengan sosialiasi tersebut, proses revitalisasi pasar Ciputat dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment